Dalam sepak bola, pemain dengan kemampuan berlari di atas rata-rata pasti menjadi andalan di timnya. Biasanya posisi yang sering ditempati para pemain dengan kemampuan lari di atas rata-rata itu adalah pemain sayap atau penyerang.

Membandingkan para pemain dengan rata-rata kecepatannya, selama ini sangat sukar. Masing-masing sumber menyatakan orang yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa pesepak bola dengan kecepatan lari di atas rata-rata menurut FIFA pada 2013. Statistik kecepatan lari ini diambil berdasarkan kecepatan yang tercatat saat dia membawa bola di setiap pertandingan.

Siapakah urutan pertamanya? Cristiano Ronaldo, Theo Walcott, atau Pierre Aubameyang yang pernah mengalahkan Usain Bolt? Berdasarkan catatan FIFA pada 2013, pemain tercepat dalam membawa bola adalah Antonio Valencia dengan kecepatan 35,1 kilometer per jam. Pilar timnas Ekuador ini memang menjadi andalan bagi timnya Manchester United untuk membongkar pertahanan lawan dari sayap.

Kecepatan Antonio Valencia ini mengalahkan pemain yang sempat menjadi yang tercepat yaitu Theo Walcott yang hanya berada di urutan lima dengan statistik kecepatan 32,7 kilometer per jam. Yang mengejutkan adalah Wayne Rooney masuk ke dalam 10 besar daftar FIFA ini. Ya, penyerang yang sering dijuluki Shrek ini berada di urutan 7 dengan 31,2 kilometer per jam.

Lalu, siapa yang berada di urutan kedua? Sayap serang Wales dan Real Madrid Gareth Bale adalah orangnya. Dengan statistik 34,7 kilometer per jam, Bale mengungguli Aaron Lennon (33,8 kilometer per jam) dan rekan setimnya di Real Madrid Cristiano Ronaldo (33,6 kilometer per jam).

Berikut ini urutan pesepak bola dengan lari tercepat di dunia.

1. Antonio Valencia: 35,1 kilometer/jam
2. Gareth Bale: 34,7 kilometer/jam
3. Aaron Lenon: 33,8 kilometer/jam
4. Cristiano Ronaldo: 33,6 kilometer/jam
5. Theo Walcott: 32,7 kilometer/jam
6. Lionel Messi: 32,5 kilometer/jam
7. Wayne Rooney: 31,2 kilometer/jam
8. Franck Ribery: 30,7 kilometer/jam
9. Arjen Robben: 30,4 kilometer/jam
10.Alex Sanchez: 30,1 kilometer/jam (*/VTO]

foto: shutterstock

Leave a Response