Vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus dipercepat pelaksanaannya. Salah satunya melalui kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri. Di Yogyakarta, sebanyak 388 warga juga mengikuti vaksinasi Covid 19 di Gedung Serbaguna Adisutjipto, Sabtu (24/7/2021).

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M Yani Amirullah menjelaskan, Lanud Adisutjipto akan terus melaksanakan sinergi dengan instansi terkait untuk menuntaskan vaksinasi bagi masyarakat Yogyakarta. Hal ini sesuai dengan hasil rapat evaluasi dengan Panglima TNI dalam rangka mempercepat penanganan Covid 19 di Indonesia.

Kegiatan vaksinasi di Lanud Adisutjipto digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya, peserta wajib menjaga jarak selama mengantre, mengenakan masker ganda, masuk bilik disinfektan terlebih dulu, mencuci tangan di area antrean, dan baru memasuki gedung. Di samping itu, petugas juga mengatur laju antrean peserta vaksinasi secara bertahap.

Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Sukarno mengatakan, target per minggu dari vaksinasi yang diselenggarakan di lingkungan Lanud Adisutjipto ini mencapai 1.400 peserta. “Kami melaksanakan vaksinasi ini seminggu dua kali, Sabtu dan Senin. Setiap pelaksanaan diharapkan bisa mencapai 700 peserta. Ini masih dosis pertama. Pekan depan diharapkan sudah mampu melakukan vaksinasi dosis kedua.”

Sukarno menambahkan, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi agar warga Yogyakarta segera mendapat vaksin. “Kami datang ke kepala desa-kepala desa di sekitar Lanud Adisutjipto untuk mengajak warganya vaksin.”

Kegiatan tersebut juga dihadiri pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto, antara lain Kadispers, Kadislog, Kadispotdirga, dan perwira terkait lainnya.

Rapat evaluasi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin evaluasi Penanganan Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Jumat (23/7), pada rapat evaluasi Penanganan Pandemi Covid-19 yang digelar secara daring dari Mabes TNI yang diikuti Danlanud Adisutjipto, dibahas beberapa agenda. Di antaranya upaya peningkatan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dan pemerintah daerah, dalam mendukung percepatan, penanggulangan, pemberantasan penyebaran Covid-19, dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pertemuan tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan pelaksanaan pendampingan penanggulangan Covid-19 di wilayah sebagai salah satu langkah strategis bersama TNI-Polri dan pemerintah daerah, guna bekerja sama melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Rapat evaluasi yang dipimpin Panglima TNI dihadiri para Kepala Staf Angkatan, Pangkotama TNI, dan sejumlah pejabat utama TNI lainnya, yakni Kasum TNI; Pangkogabwilhan I, II, dan III; para Panglima Kodam; Pangkoarmada I, II, dan III; Pangkoopsau I, II, dan III; para Asisten Angkatan; para Kepala Dinas Angkatan; Danrem se-Jawa-Bali; para Danlantamal, para Danlanud Tipe A; Dandim se-Jawa-Bali; dan Danramil se-Jawa-Bali. [*]