Kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021–2022 yang baru berjalan 2 minggu memberikan banyak hasil positif. Salah satunya, pemain muda yang mulai mendapat kepercayaan untuk bermain di kompetisi elite sepak bola di Indonesia. Pada pekan I Liga 1 Indonesia musim 2021–2022, tercatat 3 pemain mengisi daftar pemain termuda yang pernah bermain di sepak bola Indonesia. Pertama, pemain muda Persija Radzky Syahwal Ginting yang berusia 17 tahun 9 bulan dan 4 hari ketika bermain pada pertandingan Persija melawan PSS Sleman. Kedua, Aditiya Daffa Al Haqi, gelandang muda Barito Putra yang berusia 17 tahun 7 bulan ketika melawan Persib Bandung. Ketiga, Ronaldo Joybera Kwateh yang mencetak rekor sebagai pemain termuda yang bermain di Liga 1 Indonesia musim 2021. Ronaldo masih berusia 16 tahun 10 bulan dan 15 hari ketika Madura United menghadapi PS Tira Persikabo.

Anak pesepak bola

Nama belakang Kwateh yang disandang Ronaldo tentu tidak asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. Sang ayah merupakan Roberto Kwateh yang pernah malang melintang di tim-tim Indonesia, terutama di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Roberto Kwateh tercatat pernah membela PSIS Semarang, Persiba Bantul, Persis Solo IPL, PSIM Yogyakarta, Deltras Sidoarjo, hingga PSCS Cilacap. Kini, Roberto Kwateh juga aktif dalam pembinaan pesepak bola muda Indonesia dengan mendirikan akademi sepak bola di Bantul bernama JK Academy.

Karier klub

Sebelum bergabung dengan Madura United, Ronaldo Kwateh merupakan pemain akademi Persib Bandung. Bersama Akademi Persib Cimahi, ia pernah menjadi juara di turnamen Piala Walikota Banjar, Jawa Barat. Bakat serta kemampuan cemerlang Ronaldo Kwateh ternyata menarik perhatian klub Liga 1 Indonesia, Madura United. Pada 2021, Ronaldo Kwateh resmi memperkuat Laskar Sape Kerap pada Piala Menpora 2021. Pada turnamen tersebut, Ronaldo bermain ketika Madura United menghadapi PSS Sleman dan Persela Lamongan. Pada pekan perdana Liga 1 Indonesia musim 2021 – 2022, Ronaldo Kwateh menjadi pemain inti dan bermain selama kurang lebih 60 menit sebelum digantikan oleh Bayu Gatra.

 

 

Ronaldo Kwateh, Pemain Termuda di Liga 1 Musim 2021–2022
Ronaldo Kwateh, Pemain Termuda di Liga 1 Musim 2021–2022

Baca juga

Jacksen F Tiago, Mantan Pelatih Persita yang Sukses bersama Persipura

Kelana Raphael Maitimo di Liga Indonesia

Enrico Chiesa dan Federico Chiesa, Pasangan Ayah dan Anak yang Bermain di Piala Eropa