Menemukan orang jujur dewasa ini bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Terlebih langka lagi kalau sampai ada pencuri yang jujur.

Tom Dolan (Liam Neeson) adalah salah satu dari manusia langka tersebut. Dia punya alasan kuat untuk itu.

Sebagai mantan marinir yang punya keahlian khusus peledak, Tom menghabiskan waktu dengan mencuri. Ia merampok tak kurang dari 12 bank di 7 negara bagian dan berhasil mengumpulkan uang tunai hingga 9 juta dollar AS. Begitu licinnya Tom sehingga ia tak pernah ketahuan, apalagi tertangkap. Ia pun menjadi legenda dengan julukan “in and out bandit“.

Hingga suatu kali, Tom bertemu dengan Annie Wilkins (Kate Walsh), mahasiswa pascasarjana yang bekerja di sebuah kompleks pergudangan. Tom jatuh cinta dan berniat memulai hidup baru dengan Annie.

Namun, Tom gundah dengan masa lalunya. Ia ingin membereskannya, sebelum benar-benar memulai hidup baru dengan Annie. Ia berniat menyerahkan diri dan mengembalikan uang curian dengan harapan mendapatkan pengurangan hukuman.

Namun, niat itu terganjal ketika agen FBI yang ditugaskan menemuinya justru ingin menguasai uang curiannya. Yang lebih buruk, Tom dituduh melakukan pembunuhan.

Tom pun menjadi buruan FBI. Ia harus berjuang untuk membersihkan diri dari tuduhan tersebut sembari melindungi Annie yang ikut terseret kejadian ia alami.

Jagoan

Dengan tampang mirip pesakitan, Liam Neeson memang cocok menjadi jagoan yang kurang meyakinkan. Ia tidak ditampilkan sebagai jagoan serba bisa yang kehadirannya serta-merta menyelesaikan masalah. Alih-alih, ia justru menjadi sosok yang membuat penonton bertanya-tanya, apakah dia bisa mengatasi masalah.

Namun, dalam Honest Thief ini, meski tampangnya kurang meyakinkan, Tom digambarkan nyaris tanpa cela. Mulai dari kiprah awalnya sebagai pencuri ulung yang tidak pernah ketahuan hingga kelihaiannya menghadapi agen-agen FBI yang terlatih. Semua tampak dengan mudah dapat dia atasi.

Fokus cerita benar-benar berpusat pada karakter yang diperankan Neeson. Karakter-karakter lain hanya menjadi pelengkap yang tidak banyak digali. Padahal, masih ada pengembangan yang bisa menarik diulik, semisal karakter Agen Sean Meyers (Jeffrey Donovan) yang menjadi atasan para agen yang korup.

Nyaris tidak ada kejutan dari alur cerita. Hampir dapat ditebak dari awal bahwa si pencuri jujur Tom pasti akan keluar menjadi pemenang. Dan ia akan melakukannya dengan mudah.

Tidak ada yang salah dengan itu. Sebagai tontonan aksi, Honest Thief cukup memuaskan. Adegan kejar-kejaran di jalanan, tembak-menembak, hingga adu jotos, semua tersaji apik. Hanya saja, masih ada yang bisa digali untuk menjadi kejutan bagi penonton.

Sempat tertunda penayangannya terkait pandemi Covid-19, Honest Thief kini dapat disimak di layar-layar bioskop Tanah Air. Meski tidak terlalu istimewa, film ini cukup menghibur bagi Anda yang kangen film laga di layar lebar. Tetapi, selalu ingat menerapkan protokol kesehatan di dalam gedung bioskop.

Jenis Film:
Aksi, Kriminal

Sutradara:
Mark Williams

Skenario:
Steve Allrich, Mark Williams

Produser:
Craig Chapman, Charlie Dorfman, Myles Nestel, Mark Williams

Pemeran:
Liam Neeson, Kate Walsh, Jai Courtney, Jeffrey Donovan, Anthony Ramos, Robert Patrick, Birol Tarkan Yildiz, Tazzie, Adam Teper

Durasi:
98 Menit

Rilisan:
AS

Tayang Perdana:
20 Januari 2021

Review overview

Overall7

Summary

7Jangan pernah mencuri kesempatan kedua dari seorang pencuri lihai. Berhati-hatilah, kau tidak akan pernah tahu apa yang bisa ia lakukan.