Segarnya minuman soda memang mengasyikkan, terlebih lagi dikonsumsi saat siang hari begitu terik atau sehabis makan makanan yang pedas. Namun, ada yang perlu diingat akan minuman ini. Meski terasa enak, sebaiknya Anda jangan sering-sering mengonsumsinya. Selain dijadikan minuman, minuman bersoda dapat dipergunakan untuk hal sebagai berikut.

Membersihkan karat. Minuman bersoda mampu membersihkan karat. Caranya, cukup Anda siramkan minuman bersoda pada perabot atau benda berkarat yang ingin dibersihkan, diamkan sejenak lalu gosok hingga mengilap.

Menghilangkan noda darah, Anda dapat menggunakan minuman bersoda untuk menghilangkan noda tersebut. Setelah nodanya sudah pupus, Anda bersihkan kain dengan menggunakan sabun cuci pakaian.

Membersihkan panci atau wajan yang gosong. Caranya, coba Anda siramkan minuman bersoda saat mencucinya, lalu diamkan sejenak. Kemudian, sebagian noda gosong akan hilang dan sebagian lagi akan dengan mudahnya dibersihkan. Ambil kain pembersih dan rendam dalam minuman bersoda. Setelah itu, gosokkan kain tersebut pada kaca jendela yang kusam hingga terlihat bersih dan cerah. Jadi, sebaiknya Anda coba terapkan pola hidup untuk lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. [*/ACH]

foto: shutterstock