Blog tidak hanya digunakan untuk catatan perjalanan pribadi atau curhatan seseorang, tetapi juga bisa digunakan untuk branding perusahaan. Mengutip situs web Kerjayuk.com, beberapa perusahaan besar dunia mempunyai blog yang dikelola secara profesional untuk menampung saran dan kritik, sekaligus membangun citra perusahaan. Blog juga digunakan untuk menjaring komunitas.
Starbucks, General Electric, Southwest, dan Dell merupakan contoh perusahaan yang memiliki blog. Masih mengutip situs web Kerjayuk.com, blog bagi sebuah perusahaan penting adanya selain membangun sebuah web.
Blog bisa menampilkan pengunjung yang mencari info terkait bisnis Anda. Umumnya, saat seseorang membutuhkan sesuatu, dia akan mencari di mesin pencari Google. Nah, jika konten blog sangat menarik, kemungkinan akan lebih banyak orang yang berkunjung dan melihat konten tersebut. Apabila Anda cukup pintar dalam membuat artikel, Anda bisa mengonversi pengunjung ini menjadi pelanggan.
Hal ini tentunya berimbas pada peningkatan lalu lintas (traffic) blog atau bahkan situs web. Blog dengan banyak pengunjung tentu menjadi makanan bagi media sosial. Jika Anda perhatikan, setiap perusahaan kini memiliki media sosial untuk berinteraksi langsung. Nah, blog bisa digunakan untuk membentuk  opini atau topik pembicaraan bagi media sosial sehingga terjadi interaksi dan media sosial Anda menjadi menyenangkan serta ramai.
Konten blog juga memiliki umur yang lebih panjang. Tidak seperti Twitter atau Facebook, konten blog dapat dengan mudah dilihat kembali jika diperlukan untuk penelitian. Selain itu, perusahaan bisa menghimpun sebuah komentar lebih panjang dibandingkan media sosial lainnya. [*/VTO]
foto: shutterstock
noted: pentingnya blog perusahaan