Otomotif merupakan salah satu industri yang mendapat hantaman keras dari pandemi Covid-19. Untuk itu, beragam strategi dilancarkan oleh merek-merek kendaraan bermotor, termasuk roda empat, agar industri ini dapat terus tumbuh.

Meluncurkan mobil-mobil baru diharapkan mampu mendongkrak dan menjawab kebutuhan pasar akan alat transportasi yang aman dan nyaman. BMW Group Indonesia merupakan salah satu produsen mobil yang meluncurkan produk barunya di tengah pandemi.

Pada Kamis (18/6/2020), salah satu produsen mobil premium terbesar di Indonesia ini meluncurkan Mini GT Edition secara virtual. Mobil yang hanya tersedia sebanyak 30 unit ini terinspirasi dari Mini 1275 GT yang lahir pada 1969, dan sekaligus sebagai penerus Cooper S.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania mengemukakan, MINI merupakan merek legendaris yang terus berkembang. ”MINI lebih dari sekadar sebuah kendaraan fungsional. Model pertama di segmen kendaraan kompak premium ini sudah merayakan ulang tahun ke-60 tahun lalu, tetapi MINI tetap hadir dengan jiwa muda dan selalu berinovasi. MINI adalah brand legendaris bagi para penggemar setianya di seluruh dunia yang pastikan brand ikonis ini terus berkembang dan selalu berevolusi.”

Pada bagian eksterior, mobil ini dilengkapi dengan John Cooper Works Aerodynamic Kit yang menjadikannya tampak sporty. Tampilannya kian memukau berkat GT Edition Decal eksklusif pada kap, skirt depan, spoiler belakang, bagian samping dan belakang. Roda berukuran 17 inci dengan desain John Cooper Works Track Spoke membuat mobil semakin menggoda.

Selain dilengkapi dengan fitur lainnya, mobil tiga pintu ini tersedia dalam pilihan warna bodi kombinasi, di antaranya midnight black dengan melting silver roof dan mirror caps, chili red dengan jet black roof dan mirror caps, dan white silver dengan jet black roof dan mirror caps.

Pada interiornya terdapat 3D printed GT Edition interior surface dan LED door sill yang menampilkan huruf “GT”. Pelapis kulit John Cooper Works Dinamica Leather diciptakan untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi.

Hadir dalam varian Cooper S, mobil ini memiliki dapur pacu 2.0 liter dengan MINI TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan 192 hp dan torsi 280 Nm. Memiliki transmisi otomatis 7 percepatan dual clutch sports, mobil ini memungkinkan melakukan perpindahan transmisi cepat dan nyaman serta efisiensi bahan bakar yang dioptimalkan.

Mercedes-Benz

Produsen mobil mewah lain, Mercedes-Benz, juga melakukan hal serupa pada masa pandemi ini. Melalui PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Mercedes-Benz meluncurkan The All New GLS yang merupakan generasi ketiga GLS.

Hadir dengan varian GLS 450 4Matic AMG Line, mobil ini mempunyai dimensi lebih besar dari pendahulunya, yakni dengan panjang 5.214 milimeter dan lebar 2.030 milimeter.

SUV besar dan mewah ini semakin memanjakan si pengemudi dan penumpang dengan hadirnya layar sentuh dengan sistem Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Belum lagi ditambah sistem suara yang menakjubkan sehingga orang yang ada di dalamnya merasa nyaman berlama-lama di perjalanan.

Untuk urusan performa, SUV mewah ini tak perlu diragukan. Mengusung mesin berkapasitas 3.0 liter, mobil ini mampu menggelontorkan tenaga 367 hp dan torsi 500 Nm. Mobil dengan transmisi otomatis 9G-Tronic/9 percepatan ini juga disematkan teknologi EQ Boost yang mampu meningkatkan tenaga sebesar 22 hp dan torsi 250 Nm.

 Nissan

Tak hanya merek-merek Eropa, mobil merek asal Jepang juga melakukan penyegaran, di antaranya Nissan. Melalui Nissan Indonesia, Nissan memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package pada pada 15 Juni lalu.

Nissan Livina dengan Sporty Package menyuguhkan pelanggan desain yang sporty. Hal tersebut tersirat melalui penggunaan warna hitam pada bodi dengan aksen garis berwarna merah, serta lapisan jok sporty beraksen jahitan merah.

Produk yang hanya tersedia dalam jumlah 100 unit ini juga dilengkapi dengan around view monitor (AVM) yang menampilkan berbagai sudut pandang kamera, termasuk bird’s-eye view yang semakin memudahkan dalam menavigasi dan saat parkir.

MPV kompak ini pertama kali diperkenalkan pada 2007. Menggunakan mesin 1.500 cc dikombinasi dengan teknologi canggih, mobil ini memiliki performa optimal dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi menegaskan, pihaknya senantiasa berinovasi untuk memberikan kepuasan pelanggan. “Peluncuran Nissan Livina dengan Sporty Package dalam jumlah terbatas, tak hanya menyediakan pilihan sporty untuk penggemar Nissan Livina, tetapi juga fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility, pendekatan human-centric kami dalam menyediakan sebuah inovasi, pengalaman berkendara, dan kepemilikan yang berorientasi pada pemikiran masa depan.”

Leave a Response