Menikmati fenomena alam di belahan dunia lain mungkin merupakan impian banyak orang, termasuk Anda. Tak terbayangkan bagaimana indahnya melihat pemandangan Aurora Borealis di daerah lintang tinggi yang beriklim dingin. Ada beberapa cara untuk menikmati Aurora. Bisa dari atas kapal atau menginap di hotel berbentuk igloo. Rasakan sensasinya.

Aurora Borealis adalah fenomena alam yang terjadi karena angin matahari menghantam atmosfer atas bumi, sekitar 100 kilometer di langit. Kemudian, medan magnet bumi mengarahkan elektron dari matahari ke magnetosfer di atas Kutub Utara.

Hurtigruten Cruise

Norwegia punya banyak fyord–semacam teluk di pantai yang berasal dari lelehan gletser dan biasanya berada di daerah pegunungan yang curam dan berbatu. Menyusuri fyord disebut sebagai cara paling baik untuk menikmati negara ini.

Hurtigruten Cruise merupakan rekomendasi yang diajukan banyak orang dan disebut sebagai “The World’s Most Beautiful Sea Voyage”. Fasilitas yang nyaman dan lengkap jadi pembeda.

menikmti aurora

Pertunjukan utama di Hurtigruten Cruise adalah pemandangan di balik kaca, yaitu fyord, gunung es, laut, dan bangunan rumah warna-warni sesaat mendekati dermaga. Namun, yang paling spesial tentunya menikmati fenomena alam Aurora Borealis. Walaupun tidak bisa dipastikan, tetapi jika berkunjung pada musim dingin, peluang untuk melihatnya semakin besar.

Selama berada di atas kapal, selain melihat pemandangan, penumpang bisa bersantai di kafe atau berendam di jacuzzi. Tak perlu khawatir ketinggalan Aurora, karena pihak pengelola akan selau memberikan Anda informasi tentangnya.

Baca juga : Kelana Magis Perjalanan Wisata dari Rusia Sampai Skandinavia

Igloo Glass Hotel

Cara menikmati Aurora yang lainnya adalah dengan menginap di hotel berbentuk igloo, salah satunya di Igloo Glass Hotel. Di sini, Anda bisa merasakan menginap di dalam hotel berbentuk igloo yang menyajikan pemandangan langit malam Skandinavia. Jika waktunya tepat, Anda bahkan bisa melihat Aurora dari dalam “kamar”.

Pengalaman bisa Anda dapatkan karena kubah penginapan ini dilengkapi kaca termal dan langit-langit yang transparan. Jadi, kendati di luar suhu sedang dingin, Anda akan tetap merasa hangat di dalam penginapan. Beberapa kamarnya bahkan menyediakan sauna.

menikmati aurora
Foto-foto: Shutterstock.com

Interior dan eksterior igloo ini sendiri bisa menjadi pelengkap wisata dan bisa dijadikan bahan untuk unggahan media sosial Anda. Tak perlu khawatir, sebab sudah ada jaringan wi-fi yang bisa digunakan. Jadi, momen perjalanan Anda dapat langsung dibagikan juga kepada orang lain.

Pengalaman wisata memandangi Aurora Borealis ini bisa Anda nikmati bersama dengan Dwidayatour. Tak perlu lagi repot atau kebingungan jika hendak berwisata ke negara-negara Skandinavia untuk melihat fenomena alam yang sangat langka ini. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 Agustus 2019.

Leave a Response