Jika mengaku sebagai pencinta film kartun dan komik Jepang, pastinya Anda mengenal karakter Doraemon atau Sailor Moon. Sayangnya, kedua karakter tersebut belumlah mewakili  kekayaan anime dan pop culture Jepang. Boleh jadi, masih banyak karakter lainnya yang belum Anda kenal.

Pada pertengahan Agustus lalu, Anda yang berkesempatan menyaksikan Anime Festival Asia (AFA) yang digelar pada 15 hingga 17 Agustus 2014 di Jakarta Convention Center pastinya merasa sangat beruntung. Maklum saja, acara ini terkait dengan anime dan pop culture Jepang, dan merupakan salah satu acara terbesar di Asia. Diadakan pertama kali pada 2012, saat itu jumlah pengunjung yang hadir lebih dari 40.000 orang.

Melihat keberhasilan pada 2012, tidak heran jika acara ini pun kembali diadakan di Jakarta. Sesuai harapan, pengunjung yang hadir pun mencapai target 80.000 pengunjung. Melalui acara ini, kita bisa bersentuhan dengan kebudayaan terbaru Jepang yang meliputi premium goods, original goods, cos-play. Selain menjadi tempat untuk menyebarkan konten-konten terkait anime, pop-culture, movie, kali ini Cool Japan Lounge di dalam expo tersebut juga akan mempromosikan produk-produk Cool Japan di dalamnya.

Cool Japan itu sendiri merupakan program yang didukung oleh pemerintah Jepang dan berbagai perusahaan untuk mempromosikan kebudayaan modern Jepang seperti anime dan manga ke luar negeri. Program ini berkisar dalam premis kekuatan Jepang di bisnis dan hubungan internasional di animemanga, film, fashion, dan bidang-bidang lainnya dalam konten seni dan hiburan Jepang.

Dalam strategi kebangkitan ekonomi Jepang yang ditetapkan pada 14 Juni 2013, pemerintah Jepang menjadikan berbagai kegiatan promosi melalui pameran-pameran internasional yang melibatkan pasar yang luas menjadi salah satu pilar strategi yang penting. Dengan pilar tersebut, pemerintah Jepang mengharapkan terciptanya sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam meraih pasar global.

Oleh karena itu, pada 15 Agustus 2014, digelar seminar dengan narasumber para pengusaha Indonesia yang sudah memiliki koneksi dengan Jepang atau perusahaan yang sudah pernah mendapatkan dana dari Jepang, yaitu mereka akan memaparkan alasan berbisnis dengan Jepang. Tertarik berbisnis dengan Jepang? [AYA]

foto: shutterstock

noted: mengintip pameran “anime” asal jepang