Saat kejadian 22 Mei lalu, seketika istilah dan penggunaan VPN menjadi populer di masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong memasang aplikasi VPN agar tetap bisa bermedia sosial karena pada saat itu, pemerintah memutuskan untuk memblokir media sosial untuk sementara. Sayangnya, banyak orang tidak tahu benar fungsi dan manfaat VPN. Hasilnya, banyak kerugian yang didapatkan. Lalu, apa sebenarnya VPN itu?

Berkenalan dengan VPN

Apakah VPN itu? VPN merupakan singkatan dari virtual private network. VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan internet publik.

Jadi, jika menggunakan VPN, seseorang bisa seperti terkoneksi secara virtual dan privat, walaupun sebenarnya itu jaringan terbuka alias milik publik. Mudahnya, VPN bisa menghubungkan PC atau gawai Anda dengan sebuah server di Internet. Jadi, Anda bisa mengakses situs yang diblokir karena seolah-olah berasal dari negara lain.

VPN sejatinya memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena datanya terenkripsi dan hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses. Dengan VPN, kecil kemungkinan ada penyusup saat melakukan transmisi data.

Fungsi VPN

VPN memiliki fungsi dan manfaat yang seharusnya bisa menjadi hal positif. Berikut ini beberapa fungsi VPN.

1. Kerahasiaan

VPN berfungsi untuk mengacak data melalui metode enkripsi. Jadi, kalaupun ada orang-orang yang bisa menyadap data tersebut, mereka belum tentu bisa membacanya. Biasanya VPN dipakai perusahaan-perusahaan yang memang memiliki lalu lintas data yang sangat rahasia dan penting.

2. Keutuhan

Karena metode enkripsi ini, data yang diterima pun bisa selamat dari orang yang tidak bertanggung jawab. Data tersebut bisa utuh sampai di tujuan tanpa bisa dimanipulasi pihak lain.

3. Autentifikasi Sumber

Walaupun teracak datanya, VPN tetap bisa bisa mengautentifikasi sumber pengirim data. Fungsi ini berguna untuk memastikan dan memverifikasi data yang masuk memang dari pengirim dan tidak diintervensi oleh pihak lain. Fungsi ini juga berguna untuk mencegah virus atau malware.

Baca juga : Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Merancang Bangunan Hemat Energi

Manfaat VPN

Setelah mengetahui fungsinya, lalu manfaatnya apa sih? Secara umum, VPN mampu menjaga privasi seseorang karena mampu menyembunyikan koneksi saat berselancar di internet. Hal ini bisa dilakukan karena nomor IP pengguna juga akan disamarkan. Jadi, orang tidak akan tahu dari mana lokasi sebenarnya pengguna.

VPN juga punya manfaat bagi para pekerja IT. Dengan VPN, mereka bisa mengakses jaringan komputer kantor dari mana saja melalui jaringan internet. Selain itu, VPN menjaga kerahasiaan dan keamanan data dari serangan peretas (hacker).

Yang menarik, VPN menghemat biaya pengaturan jaringan. VPN sering dijadikan alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang lebih rendah. Koneksi itu dimungkinkan karena tak perlu lagi membangun jaringan sendiri.

Leave a Response