Teknologi kamera smartphone terus berkembang. Tren yang berkembang sekarang adalah kamera beresolusi 108 megapiksel. Selain sensor kamera, ternyata yang memengaruhi teknologi kamera smartphone adalah pixel binning. Apa itu pixel binning dan seberapa besarnya pengaruhnya pada kualitas hasil jepretan dari smartphone?

Mengenal pixel binning

street photo
Foto : Unsplash.com

Pixel binning adalah sebuah teknologi kamera smartphone yang menyatukan tiap piksel-piksel kecil menjadi satu piksel besar untuk meningkatkan kualitas pada suatu gambar. Sehingga, hasilnya resolusi foto menjadi lebih kecil, bahkan bisa seperempat resolusi asli dari sensor kameranya. Jadi, ukuran piksel menjadi lebih besar demi mengurangi gangguan noise.

Tapi, konsekuensinya resolusi sensor menjadi menurun. Jadi, misalnya Redmi Note 10 Pro yang baru-baru dirilis. Jika ingin memotret menggunakan mode 108 megapiksel, pengguna harus mengaktifkannya. Efeknya, ada beberapa fitur yang tidak bisa aktif seperti menggunakan fitur default-nya.

Kembali lagi ke contoh Redmi Note 10 Pro, 108 megapiksel miliknya ternyata memiliki pixel binning  yang berbeda dengan Mi 10T Pro yang sama-sama mengusung resolusi kamera 108 megapiksel. Note 10 Pro hanya memiliki pixel binning sebesar 12 megapiksel. Sedangkan, Mi 10T Pro mencapai 25 megapiksel.

Baca juga : 

Sebenarnya untuk memahami pixel binning sendiri, kita pertama harus memahami tentang piksel sendiri. Piksel sendiri adalah sebuah elemen fisik yang terdapat dalam sebuah sensor kamera yang menangkap cahaya saat melakukan pemotretan.

Piksel diukur dengan satuan microns ( a millionth of a meter). Jadi, jika berukuran di bawah 1 micron maka disebut kecil. Sebut saja ponsel seperti Iphone XS Max, Google Pixel 3, atau Galaxy S21 sekalipun.

Jadi, gampangnya jika mengutip dari Android Authority, camera sensor dengan ukuran 0,9 micron piksel mampu memproduksi hasil sama seperti 1,8 micron piksel, jika menggunakan sistem 4×4 piksel.

pixel binning
Foto : androidauthority.com

Pixel binning dapat dilakukan salah satunya karena adanya filter quad bayer yang ada pada sensor kamera. Jadi pixel binning akan mengelompokkan warna filter yang sama menjadi satu kelompok piksel yang lebih besar. Pixel binning ini juga bisa membuat smartphone mampu mengambil gambar lebih baik saat kondisi low light.

Kelebihan menggunakan pixel binning

Jadi apa saja kelebihan teknologi ini bagi sebuah smartphone?

  1. Sensor mampu menangkap cahaya lebih baik.
  2. Hasil foto low light lebih baik.
  3. Noise pada foto berkurang
  4. Dynamic range
  5. Sensor lebih kecil mampu menghasilkan hasil setara sensor yang lebih besar.