Jepang boleh bangga dengan jaringan kereta apinya yang modern. Kolombia memiliki manajemen busnya yang lebih maju daripada Transjakarta. Sementara itu, Jerman memiliki U-Bahn dan S-Bahn untuk jaringan transportasi berbasis rel yang bermanajemen baik. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia tak mau ketinggalan. Berangkat dari Jakarta, pembangunan transportasi yang baik terus berkembang. Mulai dari Transjakarta, kini di berbagai daerah, seperti Yogyakarta dan Solo, sudah memiliki sistem transportasi bus yang termanajemen.

Di Medan, pembangunan kereta api bandara menjadi tolok ukur positif bagi perkembangan transportasi umum yang baik di Indonesia. Belum lagi semangat pemerintah untuk terus menambah armada penyeberangan laut yang sangat penting fungsinya untuk masyarakat Indonesia bagian timur.

Melihat perkembangan dunia transportasi umum di Indonesia, tim Klasika Kompas mengajak pembaca untuk mendefinisikan kondisi transportasi Indonesia menurut kacamata mereka melalui foto via Instagram dan Twitter. Foto yang terpilih akan dijadikan kolase di halaman depan Klasika dalam rangka memperingati Hari Angkutan Nasional yang jatuh pada 24 April setiap tahunnya. Kolase ini akan ditampilkan edisi pekan depan.

Purwanto Rass dengan akun @poerass66 memotret kondisi angkutan umum yang menyedihkan di terminal Joyoboyo, Surabaya. Melalui fotonya, @poerass66 berharap Pemerintah Kota Surabaya segera melakukan peninjauan kembali.

Foto tentang angkutan umum yang mirip dipotret oleh Deni Martin melalui akun @denimartyn. Selain menunjukkan kondisi fisik angkutan yang tidak enak dipandang mata, Deni berujar bahwa kondisi angkutan umum di Indonesia tidak profesional. “Angkutan umum Ciputat-Jombang, Tangerang Selatan. Nggak akan berangkat sebelum penumpangnya penuh.” Ya, penumpang angkutan umum di Indonesia sering kali harus ikut ngetem berjam-jam karena sopir ingin kendaraannya dipenuhi penumpang agar target setoran cepat tercapai.

Akun @rachmad_yuliantono melalui fotonya menyajikan betapa becak masih punya peran di Indonesia. Di fotonya, akun milik Anton ini menampakkan bagaimana satu becak bisa mengangkut dua orang dengan dagangan sayur yang menggunung.

Sementara itu, Sri Hartini lewat Twitternya @cswitharduink mengungkapkan kebanggaannya kalau Jakarta sekarang memiliki City Tour Bus. Melalui foto itu, dia juga mengungkapkan harapan agar semua bus di Jakarta dan Indonesia bisa senyaman ini.

Itu hanyalah sebagian kecil dari potret transportasi di Indonesia dari kacamata pembaca. Yang jelas, dari foto-foto itu tampaklah realitas sekaligus harapan untuk perbaikan transportasi Indonesia yang lebih baik di masa depan.[VTO]

Terima kasih telah berbagi berbagi informasi

noted: mendefinisikan angkutan lokal