Pengguna internet aktif di seluruh dunia, menurut data terbaru dari We Are Social, seperti dikutip Techinasia.com Agustus 2015, kini mencapai angka 3,17 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet bertumbuh hingga 7,6 persen. Hal ini tak terlepas dari kemudahan akses internet yang semula hanya melalui personal computer kemudian meluas dengan hadirnya platform mobile seperti ponsel pintar. Tak heran jika jumlah penggunanya terus bertambah.

Kehadiran platform mobile seperti ponsel pintar nyatanya membuat segala kebutuhan dapat dibereskan dengan lebih mudah. Contohnya, membayar tagihan listrik, yang sebelumnya dilakukan dengan cara manual seperti mendatangi loket pembayaran ataupun ditransfer melalui ATM. Kini, tagihan dapat dibayarkan melalui aplikasi e-banking yang diinstal di ponsel pintar. Jadi, di mana pun kita berada, selama ponsel pintar berada di genggaman dan sinyal internet berjalan lancar, keperluan seperti membayar tagihan dapat terlaksana dengan baik.

Perubahan ini memengaruhi gaya hidup penggunanya. Ketika informasi atau segala kebutuhan dapat dengan lebih cepat dan lebih mudah didapat, para pengguna semakin mempertimbangkan segi pelayanan. Hal ini membuat keinginan untuk dapat terlayani dengan baik juga semakin tinggi.

Asisten virtual pribadi

Keunikan perilaku para pengguna ponsel pintar yang ingin semakin dilayani tersebut membuka peluang kehadiran asisten pribadi digital. Hal ini ditangkap oleh Ryan Gondokusumo, seorang startup entrepreneur yang sebelumnya telah dikenal sebagai founder Sribu dan Sribulancer. Kini, Ryan memperkaya sistem virtual layanan di Indonesia dengan menghadirkan Halodiana. Alasan kehadiran asisten virtual pribadi ini juga dikarenakan adanya kebutuhan akan segi waktu.

“Dengan layanan Halodiana, kami membantu masyarakat untuk dapat menghemat waktu mereka agar mereka dapat melakukan hal yang lain yang mereka sukai atau yang lebih penting. Kami yakin bahwa membuat hidup masyarakat menjadi lebih nyaman dan segala sesuatu yang praktis adalah solusi yang diinginkan oleh semua orang,” ungkap Ryan.

Kehadiran Halodiana dapat mewujudkan keinginan banyak orang untuk memiliki asisten pribadi tanpa harus membayar mahal. Cukup registrasikan diri Anda melalui Halodiana.com. Tunggu konfirmasi penerimaan dan aktivasi melalui surel. Jika sudah, Anda bisa menggunakannya via SMS atau dapat juga mengunduh aplikasi Halodiana di Android.

“Halodiana merupakan asisten pribadi digital yang membantu Anda mulai dari memesan tiket pesawat, memesan makanan dan minuman, reservasi tempat dan restoran, cek dan pesan barang, booking paket tur, pesan tiket (bioskop, kereta, konser, event, musikal) dan kebutuhan jasa lainnya via SMS atau aplikasi Halodiana di Android,” terang Ryan.

Sejak dirilis resmi pada September 2015, aplikasi Halodiana telah melayani lebih dari 5.000 pengguna setiap hari mulai pukul 7.30 pagi hingga pukul 12 malam, dengan rata-rata 200–300 permintaan setiap hari.

Diana merupakan kependekan dari Digital Assistant and Automation. Saat ini, layanan Halodiana baru memanfaatkan teknologi SMS dan aplikasi Android. Pada Januari 2016, Ryan berencana aplikasi Halodiana sudah dapat diunggah via iOS.

Saat ini, kondisi layanan Halodiana mengedepankan fast response untuk menjadi pembeda dengan layanan asisten pribadi virtual lainnya. Halodiana akan lebih memprioritaskan permintaan yang lebih penting dan meningkatkan produktivitas kegiatan pengguna.

“Layanan kami gratis dan kami menangani inquiry klien yang masuk dalam kurang dari 10 menit dari jam 8.00–17.30 setiap harinya. Setelah jam 17.30, inquiry yang masuk akan kami reply dalam 2–3 jam,” terang Ryan. [ACH]

noted: Lebih Mudah dengan Asisten Virtual Pribadi