Biaya sekolah memang menjadi salah satu momok bagi orangtua yang tidak mempersiapkannya dengan baik. Selain mempersiapkan keuangan, Anda sebaiknya harus mengetahui komponen biaya apa saya yang bakal dibayar nantinya. Komponen biaya ini bisa dikatakan cukup banyak dan berbeda setiap sekolah. Antara sekolah negeri dan sekolah swasta pasti berbeda.

Berikut ini, beberapa komponen biaya sekolah yang harus Anda ketahui.

1. Biaya masuk

Biaya ini biasanya disebut uang pangkal. Beberapa sekolah menambahkan uang bangunan atau pembangunan. Uang ini memang dibayarkan pada awal saja. Biaya ini cukup besar, maka orangtua harus tahu berapa biayanya dan mulai disusun rencana anggarannya.

Uang pangkal masuk SD bisa lebih besar daripada masuk perguruan tinggi. Biasanya ini terkait dengan fasilitas yang dimiliki sekolah itu. Biaya ini akan semakin besar pada sekolah yang punya reputasi bagus. Anda bisa melihatnya apakah fasilitas itu benar-benar berguna untuk anak.

2. Biaya bulanan

Biaya ini biasa disebut SPP atau sumbangan pembinaan pendidikan. Biaya ini sudah pasti ada dan akan diperhitungkan karena terkait dengan pengeluaran bulanan. Untuk sekolah negeri, beberapa pemerintah daerah sudah menggratiskan SPP. Sedangkan untuk sekolah swasta, biasanya besarannya tetap. Namun, beberapa sekolah swasta bisa dirundingkan karena menggunakan sistem subsidi silang.

3. Biaya daftar ulang

Ada beberapa sekolah yang masih menggunakan biaya daftar ulang setiap tahunnya. Nama biaya ini bisa bermacam-macam di setiap sekolah, misalnya uang kegiatan atau uang material. Biaya tahunan sebaiknya ditanyakan ke pihak sekolah dan berapa kira-kira besarannya.

4. Biaya seragam

Biaya ini pasti selalu ada karena beberapa sekolah, terutama swasta, punya seragam masing-masing. Jumlahnya juga cukup besar karena macam-macam jenisnya. Biasanya ada seragam umum (putih merah untuk SD, putih biru untuk SMP, dan putih abu-abu untuk SMA), seragam pramuka, seragam olahraga, batik, dan seragam muslim untuk yang sekolah mayoritas Islam muridnya.

Baca juga : 5 Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

5. Biaya buku

Biaya yang satu ini juga pasti ada dan jelas mahal. Setiap sekolah pasti punya kebijakan buku pelajaran yang berbeda, Kecuali, sekolah negeri yang beberapa buku pelajarannya dipinjamkan oleh sekolah. Namun, untuk sekolah swasta, biasanya biaya buku pelajaran pasti ada. Beberapa dari sekolah itu bahkan sudah memasukkan biaya buku dalam biaya tahunan atau biaya daftar ulang.

6. Biaya ekstrakurikuler

Foto-foto: Shutterstock.com

Sekolah biasanya mempunyai fasilitas ekstrakurikuler. Nah, biasanya untuk fasilitas ini, sekolah membebankan biaya tambahan. Besarannya pun berbeda-beda, tergantung pada kegiatannya. Oleh karena itu, sebaiknya ekstrakurikuler diarahkan pada minat dan bakat anak.

 

Leave a Response