Setiap jelang libur kenaikan sekolah, orangtua biasanya mulai menyiapkan biaya sekolah. Seperti diketahui, biaya sekolah setiap tahun selalu naik. Namun, orangtua tentu ingin menyekolahkan anak di sekolah dengan fasilitas dan tenaga pengajar terbaik. Maka, mempersiapkan biaya pendidikan sejak jauh hari sangat penting.

Tentu saja, hal ini memerlukan strategi. Berikut ini, ada beberapa cara atau solusi untuk mempersiapkan biaya sekolah, terutama bagi pasangan baru menikah atau orangtua baru yang memang sudah memiliki rencana dan impian untuk anak.

1. Susun anggaran

Cobalah untuk menyusun anggaran untuk persiapan sekolah dengan memangkas 10–20 persen dari pendapatan. Untuk urusan ini, pemotongan harus dilakukan dan tidak bisa ditawar-tawar.

2. Estimasi umur anak

Estimasi umur anak ini menjadi penting untuk mempersiapkan biaya. Jika masih belum sekolah, perhitungkan kenaikannya. Diprediksi biaya pendidikan akan naik 15 persen setiap tahunnya. Sedangkan jika sudah bersekolah, cari tahu apa saja biaya tambahan yang bakal mengikutinya, seperti uang sekolah dan biaya buku.

3. Cek biaya

Ketahui beberapa biaya yang memang sudah harus diketahui. Hal pertama yang harus diketahui adalah estimasi biaya masuk sekolah yang diinginkan. Banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu datang langsung ke sekolah, cari lewat internet, atau tanya dari orang yang sudah menyekolahkan anaknya di situ.

Baca juga : Serunya Karnaval Sigale-Gale

4. Investasi khusus

Untuk menambah pemasukan untuk pendidikan, Anda bisa mencoba menabung dengan investasi. Pilihlah investasi untuk jangka panjang dan minim risiko, misalnya reksa dana pasar uang atau campuran. Ini jadi solusi biaya pendidikan anak. Mulailah berinvestasi dengan biaya kecil dan reksadana sudah bisa dibeli dengan Rp 100 ribu per bulan.

5. Buka tabungan pendidikan

Foto-foto: Shutterstock.com

Tabungan pendidikan bisa dijadikan pilihan untuk mempersiapkan pendidikan anak. Sudah banyak bank yang punya produk ini, tinggal Anda sesuaikan saja dengan kemampuan. Ada yang menyediakan autodebet dan mempunyai manfaat asuransi bagi anak.

1 Comment

Leave a Response