Selain makin nyaman dan sedap dipandang, mobil yang rutin dicuci dan dibersihkan akan mampu memberikan nilai tambah lainnya. Oleh sebab itu, cuci dan bersihkan kendaraan kesayangan Anda secara berkala, terlebih setelah terguyur hujan. Berikut ini, 5 keuntungan yang dapat Anda rasakan bila mobil Anda rutin dicuci dan dibersihkan.

1. Kesehatan

Mobil yang rutin dicuci dan dibersihkan turut membantu menjaga kesehatan pengemudi dan penumpang. Dengan rajin membersihkan kabin, mulai dari karpet, kompartemen, hingga kisi-kisi AC,  debu dan kotoran yang menyelinap dapat sirna sehingga udara menjadi bersih dan segar. AC juga harus diservis secara rutin agar udara yang masuk ke kabin tetap bersih dan dingin.

2. Keselamatan

Mobil yang terjaga kebersihannya juga semakin dapat membantu meningkatkan keselamatan berkendara. Misalnya, kaca yang bersih dan terbebas dari kotoran dan jamur akan meningkatkan keselamatan, terlebih ketika berkendara pada malam hari atau saat hujan. Bayangkan, jika kaca depan kotor dan terdapat jamur, visibilitas akan terganggu sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

3. Tekan biaya perawatan

Mencuci dan membersihkan kendaraan secara rutin juga dapat membantu menekan biaya perawatan. Contohnya, mobil yang rutin dicuci dan dikeringkan dengan baik setelah terkena hujan akan menjaga kualitas cat, serta dapat meminimalkan hadirnya korosi. Bayangkan, bila cat mobil kusam karena jamur, atau bahkan terdapat karat, tentu biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak sedikit.

Mencuci mobil setelah melibas genangan juga bisa membantu menjaga piringan cakram agar tidak baret akibat kerikil atau kotoran yang terbawa air. Begitu pula dengan kabin, bila rutin dibersihkan, AC dapat lebih awet dan bekerja dengan baik.

4. Tingkatkan nilai jual

Mobil yang bersih, rapi, dan wangi turut membantu meningkatkan nilai jual kendaraan tersebut. Jadi sebelum mengiklankan mobil Anda, cuci dan bersihkan dengan cermat. Namun, bukan berarti Anda mencuci dan membersihkan mobil hanya ketika ingin menjualnya. Cuci dan bersihkan mobil Anda secara rutin karena ini akan memberikan dampak yang amat berarti untuk ke depannya.

5. Kebanggaan

Rasa bangga dan percaya diri tentu akan semakin meningkat apabila kita berada di dalam mobil yang bersih dan rapi. Tidak sedikit orang berpendapat, jika mobil bersih, rapi, dan wangi,  si pemilik biasanya juga memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap apa yang dimilikinya, serta mampu menjaganya dengan baik. Oleh sebab itu, rutinlah mencuci dan membersihkan mobil Anda secara rutin.