Di tengah kehebohan virus korona, Sony tetap resmi mengumumkan peluncuran smartphone 5G pertamanya, yaitu Xperia 1 II (baca Xperia One Mark Two). Akun Instagram Sony Mobile juga mulai menampilkan berapa fitur keren dan canggih milik Xperia 1 II. Berikut ini fitur kerennya.

1. Motion Blur Reduction

Alih-alih menghadirkan layar dengan refresh rate yang tinggi, Sony memilih untuk membenamkan Motion Blur Reduction di dalam Xperia 1 II. Sony mengklaim fitur cocok sekali dengan layar 90Hz yang digunakan.

Fitur ini mampu menganalisis gambar atau video yang diputar dan secara otomatis menyesuaikan dengan frame per frame sekaligus menurunkan frame lag. Jadi, gambar terlihat bergerak sangat lembut di dalam layar 6,5 inci dengan kemampuan 4K HDR OLED, yang lebih familier dikenal dengan 21:9 cinematic ratio.

2. Kamera ponsel tercepat

Foto-foto: Youtube/Sony Xperia

Sony Xperia 1 II bisa dikatakan menjadi smartphone dengan kemampuan mengambil foto secara tercepat saat ini. Xperia 1 II memiliki kalkulasi fokus dan exposure hingga 60 fps dan continuous shooting hingga 20 fps. Fitur dimungkinkan karena Sony membenamkan sistem fokus yang diturunkan dari teknologi Sony Alpha.

Xperia 1 II memiliki triple camera dengan focal length  yang berbeda-beda, yaitu 16mm f/2.2 (ultra-wide angle), 24mm f/1.7 (wide-angle), dan 70mm f/2.4 (telephoto 3x). Ketiganya punya resolusi 12 megapiksel dan dua kamera terakhir punya teknologi OIS. Kerennya, semua lensanya menggunakan optik dari Zeiss dengan coating Zeiss T untuk hasil render dan kontras foto terbaik di kelasnya.

3. Sensor kamera canggih

Untuk sistem kamera, Xperia 1 II menggunakan Exmor RS dengan dimensi 1/1.7 inci. Sony mengklaim, sensor tersebut 1,5 kali lebih sensitif dari generasi sebelumnya. Sensor tersebut juga dibantu dengan sensor 3D iToF untuk menghadirkan fitur real time Eye-AF yang memudahkan orang untuk mengambil obyek foto yang bergerak, misalnya acara olahraga.

Berbagai pembaruan lainnya juga ditambahkan. Xperia 1 II kini memiliki baterai 4000 mAh dengan dukungan fast charging yang mampu mengisi daya 50 persen hanya dalam 30 menit. Proses pengisian dayanya pun sudah dibekali dengan fitur Qi fast Wireless Charging.

Untuk menunjang gaya hidup dan hiburan, Sony tetap menghadirkan jack audio 3,5 mm. Kehadiran fitur ini tentu saja melegakan banyak kalangan, sebab tidak banyak lagi flagship smartphone yang memiliki port ini.

Xperia 1 II akan mulai tersedia pada tahun ini. Sayangnya, pihak Sony belum merilis harga resminya. Namun, yang pasti, smartphone ini tidak akan hadir di Indonesia mengingat untuk divisi mobile-nya sudah hengkang dari Tanah Air.

Leave a Response