Kepercayaan adalah hal yang semakin mahal di era modern sekarang ini. Seseorang bisa langgeng berbisnis kalau memegang kepercayaan klien. Begitu juga segala usaha lainnya termasuk di dalam pekerjaan Anda.

Kepercayaan itu seperti pohon, tidak bisa tumbuh besar secara instan. Kepercayaan membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kesetiaan untuk menjaga dan merawatnya. Berikut ini cara yang bisa Anda pakai untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain.

Bertemu muka

Bila sering bertemu orang lewat e-mail atau chatting, sebaiknya Anda luangkan waktu dengan bertemu. Saat bertemu, hadirlah dengan seluruh jiwa raga sehingga waktu akan terasa berkualitas dan akan terbangun kepercayaan.

Terbuka

Jauhkan diri dari segala rencana terselubung, misalnya Anda mungkin berpikir bisa mengelabui mereka, tetapi ingat banyak orang yang memiliki intuisi baik. Orang juga bisa mempunyai rencana tersembunyi terhadap Anda, tetapi hadapilah dengan baik dan sopan. Jangan terpancing permainannya.

Jujur

Apabila Anda mengacaukan suatu rencana atau pekerjaan, jangan lari dan mengakulah serta segera perbaiki. Pikirkan hal positif, dengan mengaku, hasil positif lainnya akan datang. Jangan buat pujian palsu kepada orang lain. Ingat orang mempunyai semacam detektor yang bisa membaca maksud Anda.

Hargai orang lain

Jangan coba meremehkan kemampuan orang lain. Saat sedang rapat, sebisa mungkin Anda buka mata, kuping, dan pikiran sehingga bisa mendapatkan ide untuk memberikan masukan di dalam rapat. Hal itu menunjukkan kecerdasan emosional Anda bekerja. Semakin Anda menunjukkan rasa hormat, orang lain pun akan menaruh kepercayaan.

Menyesuaikan diri dengan situasi

Bersiaplah dengan segala kondisi. Anda bisa saja diberikan tanggung jawab lebih dan berjanji akan memberikan yang terbaik. Jangan buat janji kosong dan lakukanlah tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Orang akan menaruh kepercayaan saat tanggung jawab itu selesai. Apalagi Anda bisa memberikan nilai tambah tersendiri terhadap orang lain, kepercayaan akan terbangun lebih cepat lagi.

Konsisten

Setelah semua kepercayaan terbangun jangan pernah meninggalkan kebiasaan baik Anda terdahulu. Konsistensi adalah kunci menjaga kepercayaan orang lain. Oleh karena itu, terus lakukan dan anggaplah kepercayaan bukan kata benda, melainkan kata kerja. [*/VTO]

foto: shutterstock