Norwegia adalah salah satu negara di dataran Skandinavia yang menyimpan banyak pesona indah, terutama pada lanskap alamnya. Keindahan Norwegia tidak cukup disaksikan dari ibu kotanya saja, yaitu Oslo. Lalu, mana sajakah destinasi wisata yang berbeda untuk menikmati Norwegia?

Tromso

Selain Oslo, Norwegia memiliki Tromso, terkenal dengan sebutan kota nelayan. Fyord, semacam teluk di pantai yang berasal dari lelehan gletser dan biasanya berada di daerah pegunungan yang curam dan berbatu dan barisan pegunungan Tromso menawarkan pemandangan yang memukau.

Selain sebagai kota nelayan, Tromso memiliki budaya musik tekno dan elektroniknya yang cukup kuat. Jika berkunjung ke Tromso, cobalah untuk mengunjungi Polaria. Di sana, Anda bisa melihat lebih dekat bagaimana kehidupan laut di Artic Circle.

Selain itu, Anda bisa mencicipi naik ke Gunung Strosteinen dengan menggunakan cable car. Yang ini tidak bisa dilewatkan karena Anda bisa melihat sendiri betapa indahnya lanskap kota Tromso dari ketinggian.

Berburu Aurora

Berkunjung ke negara Skandinavia agaknya tidak sah jika tidak mencoba “berburu” Aurora Borealis. Alih-alih menggunakan jalan darat, Anda bisa menggunakan jalur air untuk menikmati Aurora.

Aurora Borealis terjadi karena angin matahari yang menghantam atmosfer atas bumi sekitar 100 kilometer di langit. Kemudian, medan magnet bumi mengarahkan elektron dari matahari ke magnetosfer di atas Kutub Utara.

Hurtigruten Cruise merupakan rekomendasi yang diajukan banyak orang dan disebut sebagai The World’s Most Beautiful Sea Voyage. Pemandangan yang ditawarkan Hurtigruten Cruise adalah keindahan alam Norwegia, antara lain fyord, gunung es, dan laut. Namun, yang paling spesial tentunya menikmati fenomena alam Aurora Borealis. Walaupun tidak bisa dipastikan, jika berkunjung pada musim dingin, peluang untuk melihatnya semakin besar.

Jangan khawatir bosan sebab Hurtigruten Cruise punya banyak fasilitas yang menarik, salah satunya adalah kafe dan jacuzzi. Namun, dengan pemandangan alam Norwegia, sudah dipastikan, Anda tidak akan bosan.

Lofoten Islands

keindahan norwegia
Foto-foto: Shutterstock.

Hurtigruten Cruise akan bersandar di Lofoten Island. Nah, sebagai negara yang memiliki asal-usul Viking, Anda bisa mencoba mencari tahunya di Lofoten Viking Museum. Di sini, Anda bisa melihat dan mengetahui bagai kehidupan bangsa Viking yang pernah mendiami Norwegia selama ribuan tahun.

Selesai dari museum, cobalah arahkan tujuan ke salah satu desa tertua di Norwegia yang bernama Nusfjord. Sesuai namanya, pasti lokasinya dekat dengan fyord. Ya, di sini Anda bisa melihat langsung rumah nelayan tradisional di Norwegia yang berwarna merah dan kuning. Rumah itu disebut rorbuer.

Anda juga bisa menikmati suasana Desa Reine dengan pemandangannya yang spektakuler. Pas sekali untuk disimpan dalam koleksi foto di media sosial.

Jalan-jalan ke Norwegia bisa dilakukan bersama agen perjalanan berpengalaman. Salah satunya, Golden Rama Tours & Travel yang telah menyiapkan paket wisata menarik ke sana. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 22 Agustus 2019.

Leave a Response