Sebagian masyarakat Indonesia pasti pernah menyantap sushi dan menjadikannya bagian dari gaya hidup. Tapi, tahukah kalau jenis sushi itu ada banyak? Yuk mengenal sushi dan jenisnya, supaya saat kita menyantapnya menjadi lebih nikmat.

Mengenal sushi

Di Jepang, sushi mulai dikenal sejak abad ke-8. Berdasarkan sejarahnya, sushi berasal dari China dan awalnya merupakan teknik pengawetan ikan dengan cara membungkus ikan dalam nasi, garam, dan cuka.

Sushi mulai dikenal sejak zaman Edo dan dikenal dengan nama oshizushi. Tapi di akhir masa Edo, sushi berubah kembali jadi nigirizushi. Tetapi, ukurannya diperkecil sehingga lebih mudah disantap. Bentuk sushi yang dikenal sekarang ini baru dikenal di abad ke-19 di Tokyo. Sejumlah pakar menyebutkan bahwa nigiri merupakan sushi asli Jepang.

Mengutip berbagai sumber dan dalam bahasa Jepang, sushi memiliki arti yang istimewa, yaitu panjang umur dan kesuksesan jabatan. Pada zaman dahulu, sushi adalah makanan yang disantap oleh para orang kaya. Hingga di tahun 70-an sushi masih jadi makanan mewah, sedangkan kalangan biasa hanya menyantapnya dalam acara khusus.

Namun, dengan telah menjadi bagian gaya hidup, sudah pahamkah kita bahwa sushi itu beragam jenisnya? Berikut ini adalah beberapa jenis sushi kita harus ketahui.

1. Nigirisushi

jenis sushi
Nigirisushi

Nigirizushi merupakan sushi yang dibuat dengan mengepalkan nasi hingga berbentuk oval, lalu diletakan toping daging ikan, salmon, tuna, belut, dan makanan laut lainnya. Biasanya, di atas toping tersebut ditambahkan sedikit wasabi sebagai pelengkap.

2. Makisushi

jenis sushi
Makisushi

Makizushi atau sushi gulung adalah sushi yang dibuat dengan alas berbahan bambu bernama makisu. Pada alas bambu tersebut diletakan selembar nori (lumput laut) beserta dengan nasi, lauk, dan sayur yang lalu digulung bersamaan hingga berbentuk tabung.

Setelah itu, tabung tersebut dipotong secara vertikal sehingga berbentuk seperti gulungan. Makizushi terdiri dari beberapa jenis seperti futomaki (gulungan tebal) dan hosomaki (gulungan tipis). Ada juga ehomaki yang terkenal disajikan pada saat perayaan setsubun di Jepang yang biasa dirayakan tepat saat sebelum musim semi.

3. Temakisushi

jenis sushi
Temakisushi

Temakisushi adalah salah satu dari jenis makisushi. Bedanya dari makizushi adalah temakizushi digulung dengan nori, lalu dibentuk hingga menyerupai cone atau kerucut. Lalu, di dalamnya diisi nasi, lauk, dan sayuran seperti makizushi.

4. Chirashisushi

jenis sushi
Chirashisushi

Jenis sushi yang satu ini mungkin sedikit berbeda dari jenis sushi lainnya. Nasi pada chirashizushi tidak dibentuk seperti sushi pada umumnya melainkan dimasukan ke dalam wadah berupa mangkuk lalu diberikan toping lauk seperti ikan dan sayuran.

5. Gunkansushi

jenis sushi
Gunkansushi

Dalam bahasa Jepang, gunkan berarti kapal perang. Ya, sushi yang satu ini bentuknya mirip kapal. Gunkan merupakan sushi yang dibungkus kertas nori atau irisan tipis mentimun. Biasanya terdiri dari beraneka ragam makanan di dalamnya.

6. Sashimi

jenis sushi
Sashimi (foto-foto: Shutterstock.com)

Sashimi terdiri dari potongan daging ikan yang disajikan mentah. Berbeda dengan sushi lainnya yang biasanya berisi nasi, sashimi biasanya tanpa nasi dan cukup dicelupkan di saus yang telah disediakan. Jika tidak terbiasa memakan makanan mentah, sebaiknya Anda melewatkan menu sushi yang satu ini.

Leave a Response