Otomotif

Jaga Kebersihan Mobil, Cegah Serangan Virus dan Bakteri

jaga kebersihan mobil (Foto : Iklan Kompas/Iwan Andryanto)Membersihkan mobil jadi upaya menangkal virus corona. (Iklan Kompas/Iwan Andryanto)
Pandemi virus corona jangan dianggap remeh. Kita bisa terpapar dari hal yang tidak Anda duga, termasuk pada bagian mobil. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan mobil. 

Ada beberapa bagian mobil yang perlu mendapatkan perhatian khusus agar tidak menjadi sarana penyebaran virus atau kuman yang dapat mengganggu kesehatan, bahkan merenggut korban jiwa.

Inilah beberapa bagian mobil yang harus diperhatikan kebersihannya.

Handle pintu

jaga kebersihan mobil (Foto : Iklan Kompas/Iwan Andryanto)
Membersihkan handle pintu mobil

Handle pintu merupakan bagian mobil yang pertama kali disentuh ketika hendak berkendara. Untuk itu, pastikan handle dalam kondisi bersih dan terawat. Kita bisa membersihkan bagian ini dengan mencuci secara berkala dengan sampo mobil, sama seperti mencuci mobil.

Untuk hasil maksimal, setelah bersih dan kering, untuk handle berbahan plastik, aplikasikan cairan khusus yang dapat melindungi bagian tersebut. Begitu pula untuk handle berlapis krom, gunakan cairan metal polish agar hasil maksimal.

Setir dan tuas transmisi

membersihkan setir mobil.

Bagian kendaraan yang juga cepat kotor dan rawan terhadap virus dan kuman adalah setir dan tuas transmisi. Selain dengan membersihkan telapak tangan dengan penyanitasi tangan sebelum tancap gas, pastikan kedua komponen ini bersih.

Untuk membersihkan komponen tersebut, kita bisa menggunakan spons yang dibasahi sampo khusus. Anda juga dapat mengaplikasikan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran.

Gunakan kain mikrofiber untuk mengusap bagian yang kotor. Pastikan Anda menggunakan cairan tersebut sesuai petunjuk. Keringkan dengan sempurna agar setir dan tuas transmisi tidak licin dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Hindari menggunakan cairan secara berlebih karena berisiko masuk ke bagian dalam dan merusak komponen kelistrikan.

Jok

jaga kebersihan mobil (Foto : Iklan Kompas/Iwan Andryanto)
membersihkan jok mobil.

Bagian yang langsung bersentuhan dengan tubuh kita ini harus dalam kondisi bersih. Untuk jok berbahan dasar fabric atau beludru, bersihkan dari debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner.

Kemudian aplikasikan cairan khusus pembersih beludru menggunakan mikrofiber. Air hangat yang dicampur sedikit deterjen dapat dijadikan alternatif apabila Anda tidak memiliki cairan khusus.

Gunakan sikat halus apabila terdapat kotoran membandel. Setelah bersih, keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan noda cairan atau bau.

Sementara untuk jok kulit, proses pembersihannya hampir sama dengan jok berbahan beludru. Namun, perbedaannya terletak pada cairan yang digunakan.

Pastikan cairan yang Anda pakai adalah cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Aplikasikan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Berhati-hatilah agar jok kulit tidak luka atau tergores.

Baca juga : 

Dasbor dan kisi-kisi

membersihkan dashsboard mobil.

Bagian yang berada di area depan ini amat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Untuk itu, bersihkan dasbor, kisi-kisi AC, dan kompartemen lainnya menggunakan cairan pembersih khusus dan gunakan kain bersih dan lembut atau mikrofiber untuk mengusir kotoran.

Tak kalah penting, perhatikan cairan yang digunakan. Jangan sampai alih-alih ingin membersihkan dasbor dengan hasil maksimal, yang didapat malah mengusik kenyamanan berkendara lantaran dasbor memantulkan cahaya berlebih dari luar yang dapat mengganggu visibilitas.

Karpet dan plafon

jaga kebersihan mobil (Foto : Iklan Kompas/Iwan Andryanto)
membersihkan karpet mobil.

Karpet bisa menjadi sarang bagi virus dan kuman. Bersihkan dengan mencucinya menggunakan deterjen atau sampo mobil. Kemudian jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Sambil menunggu karpet dijemur hingga kering, bersihkan area kabin di bawah karpet. Pastikan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang tercecer di area tersebut.

Plafon yang notabene merupakan area jarang tersentuh juga bisa menjadi biang keladi aroma tak sedap dan sarang kuman lantaran sisa asap rokok dan debu yang melekat. Bagian ini dapat kita bersihkan menggunakan cairan khusus.

Anda harus berhati-hati ketika membersihkannya karena bagian yang umumnya terbuat dari bahan fabric dan beludru ini mudah sobek. Semprotkan cairan interior cleaner ke mikrofiber dan usapkan ke area kotor secara perlahan, kemudian keringkan hingga sempurna agak tidak meninggalkan bau tak sedap ataupun noda cairan.

Leave a Response