Berbagai macam istilah digunakan untuk menyebut siswa baru yang mengikuti masa orientasi siswa (MOS). Khusus untuk level perguruan tinggi, Indonesia biasanya menggunakan istilah mahasiswa baru (maba). Lalu, apa julukan yang diberikan di negara lain kepada para “maba” ini?

Mari kita mulai dari Kanada. Negara ini memberi julukan mahasiswa tahun pertamanya dengan istilah”frosh”. Selain itu, kadang-kadang ada juga perguruan tinggi yang menyebut mahasiswa tahun pertamanya dengan sebutan “first year”. Hal serupa juga dilakukan di Australia dan Selandia Baru. Namun, beberapa perguruan tinggi, seperti University of Melbourne dan University of Sydney lebih condong menggunakan istilah “freshers”.

Istilah “freshers” dan “first years” tampaknya menjadi istilah populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Terbukti Irlandia juga menggunakan kedua istilah ini untuk menyebut mahasiswa tahun pertama.

Beda lagi dengan Swedia yang memiliki panggilan unik. Ya, di negara ini mahasiswa tahun pertama disebut “nollning” selama masa orientasi. Setelah itu, mereka akan naik status menjadi “etta” yaitu mahasiswa tahun pertama. “Gelar” ini akan diraih saat mereka mengikuti upacara penyambutan yang terdiri dari makan malam yang mewah dengan diiringi musik yang meriah. [INO]

foto: shutterstock

Leave a Response