Rutinitas akan menimbulkan kebosanan. Mulai dari bangun pagi, menghadapi kemacetan atau kepadatan penumpang kereta, hingga transportasi umum yang tak nyaman, membuat lelah cepat melanda. Lifehack mengemukakan kebiasaan yang membuat Anda tidak lagi bersemangat di kantor.

Kegiatan yang membuat Anda bosan adalah mengecek surel terus-menerus. Lifehack mengungkapkan, jika Anda sering memeriksa surel lima kali setiap jam, produktivitas Anda bisa berkurang. Konsentrasi akan buyar dan terpecah karena pekerjaan dan surel yang terus-menerus Anda buka. Anda malah semakin malas untuk kembali bekerja.

Selanjutnya adalah rapat mingguan. Sejatinya, rapat merupakan sebuah sesi penting untuk melakukan koordinasi. Namun, efek sampingnya jika terus dilakukan setiap minggu dan dalam waktu yang lama, karyawan akan menjadi malas. Ada kalanya, sebuah rapat harus diselingi canda tawa dan tak melulu serius untuk menghindari kebosanan.

Lembur juga bisa membuat seseorang tidak lagi kembali semangat bekerja. Bayangkan saja, Anda harus pulang malam berturut-turut hanya untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama terus-menerus. Anda tentu juga tidak akan bisa berkonsentrasi penuh karena melihat linimasa media sosial sudah dipenuhi status atau kicauan teman-teman yang sudah pulang dan bertemu keluarga.

Penurunan semangat bisa berimbas pada kesalahan pekerjaan. Jika hal ini terus terjadi, dipastikan Anda akan bosan dan semakin tidak bersemangat. Mengambil istirahat atau cuti akan mengobati kebosanan itu.

Selanjutnya, jangan terlalu sering makan siang di atas meja kerja Anda. Selain akan ditinggalkan teman-teman kerja, suasana meja kerja akan berubah. Hal ini karena Anda akan lebih konsentrasi untuk makan daripada bekerja. Yang paling penting, jangan terlalu banyak minum kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi tidak akan memberikan energi yang bisa bertahan lama. Justru, Anda malah akan merasa santai dan malas untuk bekerja. [*/VTO]

foto: shutterstock

noted: hal yang membuat bosan di kantor