Tepat 25 September lalu, Kota Bandung berulang tahun ke-204. Seluruh insan Bandung pun mengekspresikan diri dengan beragam cara, salah satunya berkicau di jejaring sosial. Ekspresi kegembiraan terhadap ulang tahun Bandung ini juga dilakukan oleh Mocca, tetapi dengan cara yang berbeda. Mereka merilis single “Bandung”.

Lagu “Bandung” seakan sebagai ucapan terima kasih karena telah menjadi tempat kelahiran dan sarana berekpresi band swing pop ini. Mengutip dari Tribunnews.com, sang vokalis Arina mengatakan, Bandung bagi Mocca bukan sekadar kota yang membesarkan karier bermusiknya, tetapi tempat untuk menumpahkan cinta dan inspirasi. “Bandung selalu punya tempat istimewa buat Mocca,” ujar perempuan kini masih bermukim di Amerika Serikat (AS) ini.

Lagu “Bandung” merupakan karya sang gitaris Riko. Motivasinya membuat lagu ini karena terinspirasi dengan beberapa pemusik yang mempunyai lagu tentang kota sendiri, seperti Frank Sinatra dengan lagu “New York, New York” dan “Chicago” atau Alicia Keys dengan “New York”.

Proses pengerjaannya sendiri sebenarnya sudah lama dilakukan Riko, bahkan lagu ditulis tidak lama setelah album Colours dirilis. Penyelesaian lagu dilakukan setelah Riko pindah ke Jakarta bersama Indra dan Toma. Setelah materi lagu selesai, Riko mengirimkannya kepada Arina di AS untuk mengisi vokal dan lirik.

Pemerintah Daerah Bandung menyambut baik lagu ini dan menetapkannya sebagai lagu resmi kampanye Kota Bandung bertajuk “Friendly Bandung”. Adapun tema kampanye ini sebagai salah satu city branding Bandung yang digagas dan dikukuhkan secara resmi oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Lagu ini diharapkan oleh Mocca mampu memberikan informasi untuk orang yang tertarik mengenai Bandung dan terhibur saat mendengarkannya. Riko mengatakan, lagu ini pada akhirnya menjadi milik kita semua, bukan untuk warga Bandung saja. Namun, Riko menegaskan Mocca tidak ingin lagu ini dianggap atau dijadikan sebagai pencitraan dan kampanye politik.

“Lagu ini murni karena kecintaan dan dedikasi Mocca terhadap Bandung. Perlu digarisbawahi, kami tidak pernah berpikir ke arah pencitraan atau apalah itu. Ketika kita bergerak bersama ke arah positif dan mendapatkan tenaga lebih banyak, harusnya responsnya pun positif. Sehingga, lagu ini pun lambat laun tumbuh. Banyak harapan yang hinggap di lagu ini, tidak hanya sekadar kumpulan nada,” pungkas Riko. [*/VTO]

Soundcloud

Youtube

foto: baybeats.com

noted: hadiah mocca untuk ulang tahun bandung