Tubuh manusia terdiri atas 55 hingga 78 persen air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara 1 sampai 7 liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya.

Konsumsi air yang banyak, agar tubuh selalu sehat. Anjuran ini rasanya tidak berlebihan mengingat lebih dari 50 persen tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Namun, jumlah air yang terkandung dalam tubuh kita tergantung pada usia. Semakin tua usia, maka persentase air juga akan berkurang. Oleh karena itu, menjaga kondisi tubuh agar selalu terhidrasi menjadi sangat penting karena memiliki pengaruh yang cukup besar pada kesehatan, termasuk kulit.

Jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan penampilan, pastinya kesehatan kulit menjadi salah satu fokus dalam merawat kesehatan. Maklum saja, cerah tidaknya kulit merupakan salah satu tolak ukur orang dalam menilai penampilan secara keseluruhan. Jika Anda ingin memiliki kulit tubuh yang selalu terlihat bersih, cerah, tentunya awet muda, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan asupan air yang dikonsumsi.

Tanpa disadari, setiap hari kulit kita terkena paparan debu, sinar matahari, dan pastinya juga kosmetik yang digunakan sehari-hari. Jika kebersihan kulit tidak dijaga, beberapa hal tersebut bisa saja memberikan efek negatif bagi kulit. Mulai dari kulit yang kusam hingga gatal-gatal akibat tidak membersihkan dan merawat kulit tubuh dengan cara yang benar. Padahal, ada banyak cara untuk melakukannya tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya.

Salah satu cara yang paling mudah untuk merawat kesehatan kulit adalah banyak mengonsumsi air putih. Bagaimanapun, air putih sangat direkomendasikan karena air bersifat basa. Terlebih lagi air bisa membantu memproduksi minyak atau sebum. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 6 sampai 8 gelas air setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, kita harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada baiknya menghindari makanan yang bersifat asam karena akan membuat kulit kering. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak serat.

Hindari juga sinar matahari yang terik terlalu lama karena sinar ultraviolet memberikan efek negatif bagi kulit. Gunakan tabir surya jika ingin beraktivitas di bawah sinar matahari. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

Lakukan perawatan

Selain itu, kulit khususnya pada bagian wajah juga memerlukan perawatan seminggu sekali agar terawat dengan maksimal. Ada tiga tahapan dalam perawatan wajah mingguan. Pertama, untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menggunakan krim penghalus wajah (scrub) agar terjadi regenerasi kulit. Lakukan dengan cara gerakan rotasi ke arah atas. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu kuat agar tidak terjadi iritasi. Setelah itu, angkat dengan waslap atau spons facial yang basah ke arah luar. Hindari penggunaan scrub pada daerah sekitar mata, wajah yang berjerawat atau sensitif.

Saat tahapan ini selesai, lanjutkan dengan tahapan melembutkan. Pada tahapan ini, gunakan krim urut wajah (massage cream) untuk meningkatkan sirkulasi nutrisi dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Lakukan pijatan (massage) selama beberapa menit, dengan gerakan rotasi ke arah atas dan ke samping luar. Berikan tekanan-tekanan ringan pada titik tertentu seperti dagu, dahi, dan sekitar mata. Setelah itu, angkat dengan waslap atau spons facial yang telah dibasahi air hangat.

Setelah kulit terasa lembut, lanjutkan dengan tahapan mengencangkan. Pada tahapan ini, gunakan masker yang sesuai jenis kulit wajah. Oleskan masker secara merata pada wajah dan leher. Hindari daerah sekitar mata dan bibir. Biarkan masker setengah mengering atau sesuai petunjuk yang tertera pada bungkus masker yang Anda kenakan. Setelah itu, angkat dengan waslap atau spons facial yang telah dibasahi.

Dengan melakukan rangkaian perawatan mingguan seperti ini, kulit wajah pastinya akan terasa segar, lembut, tetapi tetap kencang. Tidak terlalu sulit melakukannya. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk perawatan mingguan seperti ini. Jika rutin melakukannya, Anda akan merasakan perbedaan yang sangat pada kulit wajah. [AYA]

noted: Gaya Hidup Sehat untuk Perawatan Kulit

Leave a Response