Review overview

Overall8

Summary

8Mendapat pesan tentang jatuhnya pesawat dengan muatan rahasia yang diduga senjata mematikan, Dom mengumpulkan teman-temannya menjalani misi untuk mencegah kehancuran dunia. Dalam perjalanan, ia menghadapi musuh yang sangat tidak diduga.

Bagi kebanyakan penonton, waralaba film Fast & Furious mungkin lebih dikenal sebagai film aksi, utamanya kebut-kebutan di jalan raya. Belakangan, kisah film ini berkembang pada seputar perampokan dan mata-mata. Namun, sejatinya film ini berkisah tentang keluarga.

Tidak terkecuali sekuel terbaru Fast & Furious 9. Malah, pada film ini, unsur keluarga menjadi lebih kental lagi. Tentu saja tanpa meninggalkan bumbu kebut-kebutan dan gebuk-gebukan yang tetap menjadi “sajian utama” yang membuat film ini digemari.

Kisah masa lalu

Tahun ini menandai dua dekade hadirnya serial ini. Dengan delapan judul yang sudah beredar dan satu spin-off yang khusus bercerita tentang Hobbs & Shaw, Fast & Furious menjadi salah satu waralaba tersukses yang pernah dibuat Universal Pictures.

Banyak yang berpendapat, termasuk penggemar setianya, waralaba ini harusnya disudahi pada sekuel ketujuh. Film yang merupakan paling laris dari serial ini juga merupakan penampilan terakhir Paul Walker yang memerankan Brian O’Conner.

Sosoknya dianggap identik dengan waralaba ini sehingga begitu karakternya absen, Fast & Furious seperti kehilangan nyawanya. Apalagi, adegan-adegan penghormatan pada film ketujuh tersebut dianggap tepat sebagai pamungkas yang manis dari serial ini.

Namun, sukses komersial tentu saja menjadi alasan lain yang membuat serial ini diteruskan. Setelah serial kedelapan yang masih sukses, serial kesembilan kembali hadir pada musim pandemi ini. Banyak yang mungkin bertanya, apa lagi cerita yang ditawarkan kelompok yang dimotori Dominic Toretto (Vin Diesel) ini?

Di situlah kejelian Daniel Casey dan Justin Lin yang meramu cerita. Justin Lin bukanlah orang baru dalam waralaba ini. Ini menjadi sekuel kelima yang ia pegang sebagai sutradara sekaligus yang membawa Fast & Furious meraih sukses global. Setelah absen pada dua seri sebelumnya, kehadiran Lin pada seri kesembilan membawa napas segar walau tidak sepenuhnya baru.

Apa yang dilakukan Lin adalah menyelami berbagai latar belakang kisah yang belum digali. Ia berujar, “Penting bagi saya bahwa kisah yang berikutnya ini menjadi jaringan yang menyatukan seluruh kisah secara emosional.”

Dikisahkan, Dom hidup menyepi bersama Letty (Michelle Rodriguez) dan Brian, anaknya yang masih kecil. Hingga tiba-tiba ketenangan mereka diusik kedatangan Ramsey (Nathalie Emmanuel), Roman (Tyrese Gibson), dan Tej (Chris “Ludacris” Bridges). Mereka membawa kabar bahwa pesawat yang membawa Mr Nobody (Kurt Russell) jatuh di hutan Amerika tengah saat membawa Cipher (Charlize Theron) sebagai tawanan.

Dom kembali memimpin rekan-rekannya untuk mendatangi reruntuhan pesawat untuk menyelamatkan muatan penting yang konon merupakan senjata yang amat mematikan. Dalam misi tersebut, tanpa diduga Dom bertemu dengan sosok dari masa lalu, Jakob Toretto (John Cena), adik yang selama ini ditinggalkannya.

Di sinilah terkuak masa lalu Dom, tentang hal yang membentuk jati diri dan jalan hidup yang ia pilih. Dan, menarik pula disimak bahwa ia harus berhadapan dengan musuh yang tidak lain adiknya sendiri.

Seru dan menghibur

Konflik dalam keluarga antara Dom dan Jakob menjadi inti cerita. Dom yang pernah berpesan untuk tidak pernah meninggalkan keluarga justru suatu ketika meninggalkan adiknya. Dan, itu menjadi luka yang terus terbawa hingga berpuluh tahun kemudian. Ada pesan tentang kesetiaan dalam keluarga, tetapi juga ada kisah tentang pertentangan antarsaudara.

Di luar itu, Dom dan teman-temannya kembali menjalani misi yang nyaris mustahil. Berkeliling ke berbagai penjuru dunia dan bertemu dengan banyak orang. Termasuk di antaranya Han (Sung Kang), yang dikira telah tewas dalam kebut-kebutan di Tokyo, dan Sean Boswell (Lucas Black), yang saat muda diajari Han balapan mobil di Tokyo.

Banyak yang berkata, kisah pada film ini telah berkembang menjadi konyol dan di luar nalar. Namun, humor memang menjadi elemen penting yang membuat Fast & Furious terasa segar. Seperti dituturkan Roman (Tyrese Gibson), mereka telah mengalami berbagai hal yang sulit diterima akal antara lain naik mobil di atas pesawat, kereta, tank, dan bahkan mobil yang terbang di udara. Jangan heran kalau pada sekuel terbaru ini ada lagi adegan yang lebih tidak masuk akal, tetapi justru menjadi hiburan yang menyenangkan.

Jangan terlalu bergantung pada akal sehat barangkali menjadi saran yang bijaksana untuk menikmati sekuel terbaru Fast & Furious. Nikmati saja kedigdayaan Dom dan teman-temannya yang jungkir-balik dan mental kian kemari tetapi nyaris tidak mengalami sedikit pun luka serius. Di luar konflik keluarga Toretto, film ini memang tontonan yang sangat seru dan menghibur. Tontonan yang layak Anda nikmati di gedung bioskop, tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jenis Film:
Aksi, Petualangan, Kriminal

Sutradara:
Justin Lin

Skenario:
David Casey, Justin Lin

Produser:
Clayton Townsend, Jeff Kirschenbaum, Joe Roth, Justin Lin, Neal H. Moritz, Samantha Vincent, Vin Diesel

Pemain:
Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Ludacris, John Cena, Jordana Brewster, Nathalie Emmanuel, Sung Kang, Helen Mirren, Charlize Theron

Rilisan:
AS

Tayang perdana:
11 Juni 2021