Salah satu sirkuit yang menarik perhatian pada pergelaran MotoGP musim 2021 adalah sirkuit Internasional Algarve atau dikenal juga Sirkuit Portimau di Portugal. Setelah sebelumnya menjadi langganan perhelatan balapan World Superbike (WSBK), Sirkuit Internasional Algarve mulai menjadi tuan rumah balap motor bergengsi MotoGP mulai musim balap 2020.

Pada balapan pertama MotoGP di Sirkuit Algarve sekaligus penutup kompetisi musim 2020 tersebut, pahlawan tuan rumah, Miguel Oliveira berhasil menjadi kampiun. Setelah pebalap Yamaha menguasai dua seri pembuka MotoGP 2021 di Qatar, menarik ditunggu siapa yang menjadi juara pada balapan Grande Premio 888 de Portugal yang digelar pada Minggu (18/4/2021). Selain pebalap, fakta-fakta menarik seputar Sirkuit Algarve berikut ini juga menarik disimak.

 4,6 kilometer

Mulai dibangun untuk umum pada 2 November 2008, Sirkuit Algarve mempunyai kapasitas 100.000 penonton. Terbentang 4,6 kilometer, sirkuit ini memiliki lebar 18 meter dengan 9 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri. Sirkuit Algarve juga mempunyai lintasan lurus yang menantang sepanjang 969 meter.

Sirkuit “Roller Coater”

Karena konturnya yang naik turun, Sirkuit Algarve dijuluki sebagai “Sirkuit Roller Coaster”. Para pebalap akan disuguhi beberapa tanjakan dan turunan menantang yang dipadu dengan tikungan ke kanan sebelum beradu kencang di trek lurus.

Rekor pebalap MotoGP di Sirkuit Algarve

Pebalap kebanggaan Portugal, Miguel Oliveira, menjadi pebalap MotoGP pertama yang meraih podium teratas di Sirkuit Algarve musim 2020. Tidak hanya itu, pada balapan tahun lalu, Oliveira memegang rekor pole, best race lap, dan all time lap record.

infografik Fakta-fakta Menarik Sirkuit Internasional Algarve