Tanah Afrika melimpah berliannya. Di samping konflik yang terjadi di belakangnya, berlian selalu punya peminat berapapun harganya. Tahukah kamu kalau ada dua berlian langka di dunia yang harganya cukup fantastis? Inilah dua berlian langka di dunia itu.

Berlian Biru

Lepas dari “anomali” itu, Antara pernah melaporkan adanya temuan berlian biru seberat 25,5 karat di Afrika Selatan. Penemunya adalah perusahaan tambang Petra Diamonds. Berlian biru merupakan salah satu jenis yang amat langka, terlebih dalam ukuran sebesar itu.

Di pasaran, kata juru bicara Petra Diamonds, jarang ditemukan berlian dengan ukuran dan kualitas seperti yang mereka dapatkan. Petra mengangkat berlian itu dari tambangnya sendiri, Cullinan, yang berlokasi di timur laut Pretoria. Cullinan dikenal sebagai tambang yang banyak menghasilkan batuan besar dan berlian berwarna biru.

Sejumlah pakar berlian memprediksi, berlian biru besar sebagai berlian langka di dunia harganya lebih dari 10 juta dollar AS dan bisa mendongkrak harga saham Petra Diamonds. Pada 2012, berlian biru dari Cullinan dilelang dengan harga mencapai 10,8 juta dollar AS. Angka itu memecahkan rekor untuk harga per karatnya.

Sebelumnya, pada Mei 2009, Petra juga berhasil menemukan berlian biru kasar sebesar 26,6 karat. Setelah dipotong-potong menjadi bentuk yang sempurna, Petra menjualnya di bawah 10 juta dollar AS melalui lelang di Sotheby’s.

Baca juga: 

Berlian Merah Muda

Berlian langka yang juga banyak dicari oleh para kolektor adalah berlian bernuansa merah muda. Berlian unik ini terbentuk dari struktur kristal yang menyimpang karena tekanan tinggi. Hasilnya, struktur kristal tasi menyerap cahaya hijau dan biru yang kemudian memendarkan warna merah muda.

Batuan berharga mahal dengan warna merah muda ini digandrungi para miliuner wanita. Kawasan yang dikenal banyak mengandung berlian merah muda adalah barat laut Australia. Tambangnya yang terkenal, Argyle. Setidaknya ada 15 berlian merah muda yang pernah ditemukan dan dihargai amat mahal.

Yang paling besar adalah berlian dengan nama Darya e Noor. Berlian merah muda ini beratnya mencapai 186 karat dan disimpan di Museum of the Treasury of National Iranian Jewels, Iran. Berlian ini juga dikenal sebagai The Sea of Light, The River of Light, atau The Ocean of Light. Perhiasan amat mahal ini pernah ditahtakan pada mahkota penguasa India sampai 1739.

Berlian merah muda yang bernilai amat tinggi kedua adalah Noor-ul-Ain atau Cahaya Mata. Berlian ini memiliki potongan berbentuk oval dengan berat sekitar 60 karat. Nama berlian itu diperkirakan diberikan oleh Nader Shah dan anak buahnya usai menangkap dan memecat Delhi dan Agra pada 1739. Asal berlian ini diyakini dari tambang Golconda di India.

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan