Tempat-tempat yang unik menghadirkan pengalaman yang juga unik yang tak akan dapat diperoleh di tempat lain. Misalnya saja di belahan Bumi utara yang mendekati kutub, Anda dapat menyimak fenomena alam Aurora Borealis.

Fenomena alam berupa pendar cahaya di langit utara ini amat indah. Acap disebut juga northern lights, kemunculan Aurora Borealis tergantung cuaca. Jadi, meski sudah berusaha “berburu” aurora, tetap ada kemungkinan Anda tidak menemukannya karena mungkin cuaca kurang mendukung.

Namun, jangan berkecil hati. Sudah jauh-jauh ke Bumi utara, masih banyak keunikan lain yang tak kalah menarik disimak. Dari Tanah Air, Oslo di Norwegia dapat menjadi pintu masuk penjelajahan kawasan Skandinavia di Bumi utara.

Dari Oslo, perjalanan dilanjutkan ke Rovaniemi dan lanjut ke Saariselka. Dari sini, pada malam hari, Anda akan berburu Aurora Borealis. Di Saariselka, Anda dapat mengunjungi Reindeer Farm yang terkenal akan peternakan rusa kutub. Jangan lewatkan kesempatan menjajal kereta yang ditarik rusa kutub dan berseluncur di atas salju.

 

fenomena aurora borealis

Lanjutkan lagi perjalanan mengunjungi Kakslauttanen Artic Resort untuk menyimak iglo, rumah khas warga kutub. Kunjungi pula Ranua Wildlife Park untuk melihat bermacam satwa Kutub Utara seperti beruang kutub (polar bear) dan reindeer. Tak ketinggalan, kunjungi Santa Claus Village untuk melihat dari dekat kantor pos dan ruang kerja Sinterklas.

Menariknya, Anda dapat menyeberangi batas Lingkar Kutub Utara dan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyeberangi batas dan masuk ke dalam Lingkar Kutub Utara (Arctic Circle).

Pengalaman menarik lain yang dapat dilakukan adalah berkunjung ke Husky Farm dengan menggunakan Husky Sleigh Drive. Anda dapat merasakan sensasi mengendarai Snow Mobile Safari yang membuat perjalanan terasa berbeda sambil menikmati pemandangan yang indah.

Lanjutkan lagi perjalanan ke Helsinki yang merupakan ibu kota Finlandia. Di kota ini, sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi antara lain Gereja Tempelliauko, Lapangan Senate, The Cathedral, Market Square, Parliament House, dan City hall.

fenomena aurora borealis
Foto-foto: Shutterstock

Dari Helsinki, Anda dapat menyeberang naik feri menuju Tallin, ibu kota Estonia. Tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Sejumlah tempat menarik di antaranya Alexandre Nevski Cathedral, gereja bergaya Russian Revival yang dibangun 1894–1900, dan Katedral St Mary, gereja yang dibangun pada abad ke-13. Simak pula bagian bawah kota untuk melihat Raekoja Plats yaitu Balai Kota Tallin yang dibangun pada abad ke-15; Raeapteek, apotek dari abad ke-15; dan House of The Brotherhood of Blackhead, rumah asosiasi pedagang lokal yang belum menikah, pemilik kapal dan orang asing yang aktif di Livonia yang sekarang dikenal dengan Estonia dan Latvia.

Tertarik dengan perjalanan ini? Segera atur dan rencanakan perjalanan Anda bersama ATS Vacations. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 Agustus 2019.

Leave a Response