Ada begitu banyak kuman di sekitar kita. Pada benda-benda tertentu yang kerap kita sentuh, jumlah kuman jauh lebih banyak. Waspadai agar kita bisa mencegah penyebaran penyakit.

Kuman adalah organisme mikroskopis. Beberapa jenis kuman yang umum adalah bakteri, virus, fungi/jamur, dan parasit. Memang, tidak semua kuman berbahaya. Bahkan, beberapa jenis bakteri bermanfaat untuk kesehatan manusia, seperti yang terdapat pada sistem pencernaan.

Namun, tentu kuman penyakit bisa membahayakan manusia. Kuman penyakit adalah organisme mikroskopis yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi bila masuk ke tubuh.

Ketika pandemi Covid-19 belum berakhir seperti saat ini, kian penting untuk meminimalisasi penyebaran kuman. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan kita untuk selalu mendisinfeksi permukaan atau benda-benda yang kerap disentuh. Tujuannya, mematikan kuman dan mencegah penyebaran penyakit.

Selain itu, cara terbaik melindungi diri dari kuman adalah rutin mencuci tangan. Ini akan menghindarkan kita dari penyakit akibat kuman serta mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

Baca juga:

 

Infografik Benda Rawan Penyebaran Kuman