Hadirnya peranti telekomunikasi seluler mengubah kebiasaan berkomunikasi banyak orang. Kini berbicara jarak jauh, berkirim pesan teks singkat, e-mail, atau gambar, hingga berselancar di dunia maya dapat terlaksana berkat keberadaan peranti berteknologi tersebut.

Namun, semua itu tak terlepas dari keberadaan provider atau operator seluler. Persaingan yang begitu ketat di antaroperator menuntut kita cermat dalam memilih sahabat komunikasi yang satu ini.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih operator. Di antaranya tarif percakapan, jangkauan sinyal, kemudahan dalam mengisi ulang (untuk jenis prabayar), dan biaya roaming. Tak ketinggalan, paket data juga penting diketahui mengingat dewasa ini internet merupakan kebutuhan vital.

Iklan-iklan yang acap disuguhkan di layar kaca atau media lainnya patut dicermati. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan. Perhatikan dan pelajari saksama bahasa promosi yang kerap dilayangkan, yang terkadang berlebihan, seperti memberikan biaya murah dalam jangka waktu panjang, tetapi diberi embel-embel “syarat dan ketentuan berlaku”. Carilah informasi sedetail mungkin mengenai tarif yang berlaku.
Kala bertugas ke luar kota atau berlibur ke tempat yang jauh dari rumah, ponsel begitu penting agar Anda tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga atau rekan sekerja. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih operator seluler yang mampu menjangkau area luas dengan tarif wajar.

Kartu prabayar yang banyak digunakan orang memang memudahkan dalam mengontrol biaya percakapan. Namun, hal tersebut terkadang juga menjadi masalah ketika pulsa tiba-tiba habis dan sulit mendapatkan penjual pulsa/voucer yang sesuai. Oleh karena itu, pilihlah operator yang menyediakan voucer isi ulang di banyak tempat. Fasilitas voucer di anjungan tunai mandiri (ATM) juga merupakan nilai tambah.

Keberadaan internet sudah barang tentu membutuhkan koneksi dan fitur yang mumpuni pada jaringan komunikasi. Alangkah baiknya paket data atau paket internet yang ditawarkan masing-masing provider turut dijadikan bahan pertimbangan. Pilihlah paket data dan paket internet yang cepat dan hemat. [*/BYU]

foto: shutterstock

Leave a Response