Insomnia atau masalah sulit tidur sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat membahayakan kesehatan. Jika kamu mengalami insomnia, jenis-jenis makanan ini dapat membantu meringankannya.

Kurang tidur akibat insomnia berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Dalam kesehariannya, seseorang bisa merasa limbung, lemas, atau pusing. Ini menurunkan kualitas hidup dan produktivitas.

Kesulitan berkonsentrasi yang disebabkan kurang tidur dapat menyebabkan seseorang melakukan banyak kesalahan dalam bekerja, atau bahkan tidak fokus ketika menyetir dan berpotensi lebih tinggi mengalami kecelakaan. Dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat memicu masalah kesehatan yang serius, seperti hipertensi, diabetes, depresi, obesitas, dan kanker.

Oleh sebab itu, hal ini tidak boleh disepelekan. Untuk mengatasi masalah ini, sejumlah riset telah mencari tahu makanan apa saja yang berpotensi untuk membantu mengatasi insomnia. Berikut lima di antaranya.

1. Pala

Biji pala dikenal sebagai obat herbal yang cukup ampuh untuk membantu kita lebih mudah tertidur. Beragam zat potensial di dalam biji pala dapat merelakskan saraf dan memicu tubuh untuk melepaskan serotonin, yang membuat kita lebih cepat merasa mengantuk dan tertidur.

Efek menenangkan ini terasa sekitar 1– 2 jam setelah kita mengonsumsi pala. Takaran yang direkomendasikan adalah 1–10 gram, kira-kira satu per empat biji pala setiap konsumsi. Ada banyak cara mengasupnya. Biji pala yang sudah dihaluskan dapat dicampur dengan susu hangat. Bisa juga menyeduhnya dengan air panas, lalu menambahkan madu.

Pala
Pala sebagai herbal untuk membantu mengatasi insomnia.

2. Kiwi

Menurut studi dari Taipei Medical University, makan sekitar dua buah kiwi satu jam sebelum tidur memiliki efek yang cukup mengejutkan. Para responden yang terlibat melaporkan, mereka dapat tidur lebih cepat. Sekitar 42 persennya juga mengaku tidurnya lebih berkualitas. Secara umum, durasi tidur juga meningkat sekitar 13 persen.

3. Rumput laut

Riset dari Oxford University mendapati, level omega-3 DHA yang lebih tinggi di dalam darah terkait dengan tidur yang lebih nyenyak. Rumput laut adalah adalah salah satu makanan yang tinggi kandungan omega-3 DHA. Dalam penelitian yang dilakukan, konsumsi suplemen alga dalam 16 minggu telah berhasil meningkatkan kualitas tidur 362 anak.

4. Kacang almond

Kacang badam atau almond juga dapat membantu kita tidur lebih nyenyak lantaran punya kandungan magnesium yang tinggi. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Orthomolecular Medicine mendapat, insomnia atau masalah sulit tidur kerap terjadi pada orang yang kekurangan magnesium. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi kacang badam juga dapat membantumu mengatasi insomnia.

5. Teh kamomil

Teh kamomil (chamomile) secara tradisional telah banyak digunakan sebagai pengobatan untuk insomnia. Menurut National Institutes of Health di AS, khasiatnya memang terbukti. Tubuh menjadi lebih relaks setelah mengonsumsi teh kamomil. Kalau kamu menggunakan teh celup kamomil, seduhlah dua atau tiga kantong teh untuk membuatmu mengantuk lebih cepat.

 

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Hindari 8 Jenis Asupan Ini

Bagaimana Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?