Vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus dipercepat pelaksanaannya. Kalau tiba giliranmu mendapatkan vaksinasi, hal-hal apa saja yang mesti dilakukan setelahnya?

Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Ketika divaksinasi, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana memitigasi kemungkinan efek sampingnya atau apakah ada bagian dari rutinitasmu yang mesti disesuaikan?

Kalau punya kondisi kesehatan khusus, kamu mesti mengonsultasikannya dengan dokter. Namun, ada saran umum dari para pakar medis di Center for Disease Control and Prevention (CDC) terkait hal-hal apa saja yang mesti dilakukan atau diperhatikan setelah vaksinasi Covid-19. Berikut ini, beberapa di antaranya.

1. Utamakan hidrasi tubuh

Jika kamu mau membantu tubuhmu memproses respons kekebalan dari vaksin Covid-19, minumlah banyak air putih. Hidrasi sangat penting untuk fungsi imunitas tubuh. Hidrasi ekstra diperlukan terlebih bagi mereka yang mengalami gejala deman setelah divaksinasi.

2. Potret atau pindai kartu vaksin

Buatlah salinan kartu vaksin dengan memotret atau memindainya. Ini adalah langkah antisipatif kalau-kalau suatu saat kartu ini hilang. Di Indonesia, data tentang vaksinasi juga bisa diakses pada situs web atau aplikasi Peduli Lindungi. Apabila ini vaksinasi pertamamu, ingat-ingat pula tanggal yang dijadwalkan untuk vaksinasi kedua.

3. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga

Sebetulnya berolahraga tidak hanya dilakukan setelah vaksinasi. Ini baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun, apabila ada reaksi gejala yang timbul setelah vaksinasi, seperti demam, badan lemas, sakit kepala, dan lain-lain lebih baik kamu tidak memaksakan diri untuk berolahraga. Selalu dengarkan dan rasakan tubuhmu.

4. Atur jeda jika ada rencana vaksinasi untuk penyakit lain

CDC tidak merekomendasikan kita melakukan vaksinasi untuk penyakit lain, misalnya flu, di waktu yang sama atau terlalu berdekatan dengan vaksinasi Covid-19. Situs resmi CDC menyatakan, satu seri vaksin harus dibiarkan bekerja dalam tubuh dulu dengan interval minimal 14 hari sebelum atau sesudah menerima vaksinasi lain.

5. Tetap disiplin terapkan protokol kesehatan

Sangat penting untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan tindakan preventif lain setelah vaksinasi. Pasalnya, setelah divaksin pun seseorang masih dapat terpapar Covid-19 dan menularkannya kepada orang lain. Ingat selalu untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau membersihkannya dengan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain, dan menghindari kerumunan serta pertemuan di ruang tertutup.

 

Baca juga:

Kenapa Tetap Harus Pakai Masker meski Sudah Divaksinasi?

6 Wabah Mematikan yang Berhasil Diatasi dengan Vaksin

Sejarah dan Serba-serbi Vaksin

 

Infografik vaksinasi Covid-19