Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sudah dibuka. Gelaran GIIAS 2019 selalu ditunggu karena mempertontonkan teknologi masa depan lewat beberapa jajaran mobil konsep yang diperkenalkan.

Beragam mobil konsep yang diperkenalkan memang menjadi daya tarik pengunjung. Tak heran, gelaran pameran otomotif ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh calon pembeli mobil, tetapi juga pencinta dan pehobi otomotif.

Dari total 7 mobil konsep yang turut menghiasi GIIAS 2019, ada 4 di antaranya yang cukup menyedot perhatian pengunjung. Inilah daftarnya.

1. Daihatsu HY-Fun

FOTO-FOTO: IKLAN KOMPAS/ ADI YUWONO DAN E SIAGIAN.

Mobil konsep Daihatsu HY-Fun berstatus “World Premiere” lantaran baru pertama kali diperkenalkan di dunia, yakni pada GIIAS 2019 ini. Mobil konsep MPV yang disebut-sebut menjadi pengganti Daihatsu Xenia pada masa depan ini telah menggunakan teknologi hibrida.

Desainnya tampak futuristis. Lampu utama hadir dengan desain yang menyipit pada bagian atas. Perpaduan grille bertingkat dan desain tajam pada bumper semakin memancarkan kesan mewah dan futuristis.

Konsep MPV tersebut telah menerapkan sistem geser berlawanan arah pada ke empat pintunya–yang tidak menggunakan handle tetapi memiliki fitur face recognition. Menariknya lagi, bangku baris pertama dapat diputar hingga menghadap ke belakang sehingga selain memudahkan akses keluar-masuk, juga memudahkan penumpang depan dan belakang saat berkomunikasi.

2. Lexus LF-1 Limitless Concept

Lexus LF-1 Limitless Concept turut memberikan warna berbeda pada GIIAS 2019. Mobil konsep ini didesain dengan inspirasi salah seorang pembuat pedang samurai, Molten Katana, yang menghasilkan guratan dinamis.

Harmonisasi antara teknologi dan sisi humanis tersebut menghadirkan produk dengan desain amat agresif dan emosional. Garis tegas dan sudut-sudut yang menyatu menghiasi bagian eksterior konsep luxury crossover tersebut. Di dalamnya tersemat beragam teknologi canggih, di antaranya kemampuan swakendara dan kecerdasan buatan.

Crossover yang dilengkapi dengan panoramic roof tersebut juga memiliki pencahayaan mumpuni pada kabin yang menjadikan perjalanan semakin nyaman dan mengesankan. Digital side view monitor dan navigasi empat dimensi semakin menguatkan kesan canggih dan modern pada mobil ini.

3. Toyota Fine Comfort Ride

Mobil konsep yang dihadirkan Toyota pada GIIAS 2019 ini menggunakan bahan bakar hidrogen sebagai sumber tenaga. Mobil yang disebut-sebut sebagai penerus dari Toyota Mirai ini dapat menampung 6 penumpang.

Mobil masa depan ramah lingkungan yang pernah dipamerkan di Jepang pada 2017 tersebut juga diklaim dapat menempuh jarak 1.000 kilometer dalam sekali pengisian bahan bakar full. Mobil ini juga memiliki fitur kemudi otomatis atau swakendara.

4. Suzuki Jimny Tough Concept

Mobil bergaya off-road ini tampil memukau pada booth Suzuki. Suzuki Jimny yang merupakan versi modifikasi ini menampilkan ketangguhannya berkat kaki-kaki yang lebih jenjang dari versi standar.

Warna hijau jungle green membuat mobil ini tampak semakin tangguh dan siap diajak bertualang. Ketangguhannya semakin tersirat berkat penggunaan bumper berbahan besi yang diciptakan oleh merek ternama. Penggunaan ban jenis M/T dengan diameter 15 inci yang dikombinasikan dengan komponen kaki-kaki menjadikannya memiliki ground clearance 360 milimeter lebih tinggi dari standarnya.

Leave a Response