Apa jadinya jika gambar astronot yang diwarnai anak-anak bisa “hidup” melayang-layang di hadapan mereka? Selain melayang-layang, astronot tersebut juga memiliki warna sesuai yang diwarnai anak-anak. Hal ini hanya bisa terjadi berkat bantuan augmented reality (AR).

AR atau realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi. Kemudian, teknologi ini memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dalam waktu nyata.

“Selain menarik, teknologi AR memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan dalam berbagai bidang. Teknologi ini sangat efektif untuk menambah daya tarik dan fungsi materi promosi, mulai dari majalah, surat kabar, brosur, hingga buku,” ungkap Christiana Novianty selaku Event & Marketing Associate Octagon Studio.

01

Aplikasi teknologi AR salah satunya bisa ditemui di buku mewarnai besutan Octagon Studio. Start-up yang berlokasi di Bandung dan Irlandia ini meluncurkan buku mewarnai yang menggunakan AR bernama Octaland 4D+ Colour Me!

Buku mewarnai ini menawarkan konsep yang unik. Sekilas buku ini seperti buku mewarnai biasa. Namun, setelah diwarnai, anak-anak bisa melihat langsung hasil karyanya bergerak-gerak dengan animasi yang lucu.

“Octagon Studio selalu mendukung edukasi anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Octaland 4D+ Colour Me! Merupakan pengembangan dari produk flashcard kami sebelumnya yang berseri Octaland. Kali ini kami menghadirkan buku mewarnai yang masih menerapkan teknologi augmented reality,” tutur Christiana.

Buku mewarnai ini ditargetkan untuk anak-anak berusia 3–10 tahun. Octaland 4D+ Colour Me! Berisi 26 gambar karakter profesi dalam bahasa Inggris yang bisa diwarnai. Setiap profesi mewakili huruf alfabet, mulai dari A hingga Z. Uniknya, nama karakter dalam buku ini sesuai dengan profesi mereka.

03

Misalnya, A untuk Albert yang berprofesi sebagai astronot. Sementara itu, M untuk Matt yang berprofesi sebagai magician (pesulap) atau R untuk Rory yang berprofesi sebagai racer (pebalap). Setelah diwarnai, teknologi AR akan membuat mereka muncul dan beraktivitas sesuai profesinya. Misalnya, Albert akan melayang-layang di angkasa, Matt akan memunculkan kelinci dari topi, dan Rory akan memacu mobil balapnya.

Untuk menggunakan teknologi AR di buku mewarnai ini ada beberapa hal yang harus disiapkan. Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi Octaland 4D+ di Appstore (iOS) atau Play Store (Android) secara gratis. Kedua, buka aplikasi dan pilih tombol Colour Me! di sebelah kiri layar. Setelah itu, masukan serial number yang ada di halaman pertama buku mewarnai.

Keempat, warnai gambar-gambar karakter profesi yang ada. Lalu, pilih tombol capture seraya memindai gambar yang diwarnai. Kelima, anak Anda akan menyaksikan karakter profesi hidup sesuai dengan warna yang mereka aplikasikan.

05

Christiana menuturkan beberapa manfaat yang akan didapat anak dengan mewarnai di buku ini. Pertama, kegiatan mewarnai bisa merangsang keterampilan motorik anak. Kedua, memperkenalkan anak-anak tentang beragam profesi sehingga bisa mendorong anak-anak untuk memiliki cita-cita. Ketiga, membuat kegiatan mewarnai lebih menarik dengan teknologi AR.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 1 Juni 2016, Octaland 4D+ Colour Me! Kini sudah terjual 900 eksemplar untuk pasar dalam negeri. Sebagai informasi, buku mewarnai ini dijual dengan harga Rp 75.000.

“Kami senang bisa turut serta memopulerkan teknologi AR melalui serangkaian produk flashcards. Semoga Octaland 4D+ Colour Me! bisa membantu menyalurkan kreativitas anak-anak dan turut membangun minat mereka untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan,” pungkas Christiana. [INO]

 

Leave a Response