Peribahasa tua-tua kelapa, makin tua banyak santannya yang menggambarkan orang pandai yang semakin tua semakin banyak pengalaman dan pengetahuannya bisa jadi kurang relevan untuk diterapkan dalam dunia bisnis saat ini.

Mengapa? Selain pengalaman dan pengetahuan, dibutuhkan juga pemahaman tentang teknologi dan tentunya motivasi untuk membangun bisnis. Untuk urusan yang ini, anak muda yang penuh semangat adalah pilihan yang paling tepat.

Tidak bisa dipungkiri bila saat ini di Indonesia banyak anak muda yang membanggakan yang mengisi jajaran penting dalam sebuah perusahaan atau startup. Tentu hal ini merupakan sebuah kabar baik, terutama bagi perekonomian Indonesia.

Banyak pendapat yang meyakini bahwa di tangan para CEO muda Indonesia tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin menuju arah yang baik. Tentu dampaknya akan sangat banyak, termasuk bagi kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Belum lama ini Forbes kembali merilis daftar 30 orang paling berpengaruh di Asia berusia di bawah 30 tahun (30 Under 30 Asia 2023). Setidaknya terdapat 19 anak muda asal Indonesia berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Kesembilan belas anak muda tersebut masuk dalam 6 dari total 10 kategori yang dirilis Forbes. Salah satunya Silvano Christian, CEO dapur Cokelat yang masuk dalam kategori The Arts.

Sebagai nahkoda baru Dapur Cokelat, Silvano bekerja bersama Ermey Trisniarty, Founder dan Komisaris Dapur Cokelat, untuk menghadirkan lebih banyak kreasi dan inovasi bagi para pecinta Dapur Cokelat.

Selama 22 tahun menjalankan roda usaha Dapur Cokelat, Ermey sejauh ini berhasil membuat Dapur Cokelat tidak hanya sekadar bertahan dalam masa pandemi yang baru saja berlalu, melainkan justru berkembang dengan luar biasa. Digitalisasi usaha, adaptasi yang mumpuni serta dukungan tim Dapur Cokelat yang solid penuh kreativitas dan terus berinovasi dalam menciptakan produk baru seiring perkembangan zaman, menjadi kunci keberhasilan Dapur Cokelat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masa pandemi memaksa pelaku usaha untuk mengubah strategi bisnis agar dapat beradaptasi dengan perubahan yang demikian cepat. Di titik inilah Silvano Christian bergabung dengan Dapur Cokelat pada tahun 2019 sebagai Head of Business Development. Duet Ermey dan Silvano dalam menangani ketidakpastian bisnis di masa pandemi terjawab dengan meningkatnya performa perusahaan hanya dalam waktu setahun kemudian.

Silvano banyak berperan dalam digitalisasi usaha, memanfaatkan saluran penjualan online, dan menambahkan titik delivery point agar Dapur Cokelat lebih dekat ke pelanggan yang berimbas pada lebih cepatnya waktu pengiriman dan berkurangnya biaya pengiriman yang harus dibayar konsumen. Kecepatan perubahan strategi bisnis yang dilakukan, didukung oleh produk berkualitas yang dekat di hati pelanggan membuat Dapur Cokelat terus melaju dengan pesat.

Silvano Christian, Chief Executive Officer Dapur Cokelat, mengungkapkan bahwa masa pandemi Covid-19 yang terjadi selama hampir tiga tahun terakhir merupakan tantangan terbesar yang dihadapi.

Silvano yang merupakan lulusan Teknik Industri Universitas Indonesia dan pernah bergabung dengan Blibli.com, juga berperan dalam proses lahirnya Chill’n Box, sister brand yang berdiri tahun 2020 silam. Produk Chill’n Box berupa dessert box dengan banyak varian dan anti mainstream dalam wadah easy to carry. DNA Dapur Cokelat berupa unsur cokelat dapat dirasakan dengan jelas dalam setiap produk Chill’n Box.

Keberanian Silvano Christian dalam melakukan adaptasi bisnis secara cepat disertai inovasi dan kekuatan produk Dapur Cokelat sendiri berbuah manis dengan masuknya nama Silvano dalam jajaran bergengsi Forbes 30 Under 30 Asia 2023 baru-baru ini.

Usia tidak menjadi masalah. Bahkan pada masa post-pandemic Silvano membuat gebrakan-gebrakan bisnis baru. Di ulang tahun ke-22 Dapur Cokelat tahun ini, Silvano mengajak para pelanggan menikmati varian kue baru untuk menyemarakkan perayaan 22 tahun Dapur Cokelat, yaitu Kaasstengels Cake yang menghadirkan kelezatan cita rasa paduan vanilla cake, cream cheese filling dan Kaasstengels crumby. Silvano juga berkomitmen untuk mengenal lebih dekat pelanggan dengan berinteraksi dan melayani pelanggan secara langsung di gerai Dapur Cokelat.