Mengendarai mobil baru tentu amat menyenangkan. Meski kendaraan tersebut baru, bukan berarti kita lantas boleh mengabaikan hal-hal penting saat hendak berkendara. Berikut ini 5 tips penting yang harus diperhatikan saat Anda ingin mengendarai mobil baru.

1. Pelajari buku manual

tips mengendarai mobil baru

Buku panduan, baik dalam bentuk fisik maupun digital, sangat berarti bagi pemilik kendaraan. Untuk itu, jangan anggap remeh buku manual tersebut. Pelajari dengan cermat dan perhatikan tanda-tanda khusus yang biasanya memberi penekanan pada hal-hal sangat penting dan berdampak fatal.

2. Kenali fitur

tips mengendarai mobil baru

Mobil keluaran terbaru tak jarang memiliki sejumlah fitur yang baru pula. Agar tidak mengalami kendala saat di perjalanan, kenali fitur-fitur tersebut sebelum tancap gas. Kenali tombol-tombol di sekitar setir, di tengah dasbor, hingga yang tersemat di sisi pintu. Pelajari pula semua indikator yang terdapat pada multiinformation display (MID).

3. Ketahui lokasi perangkat vital

tips mengendarai mobil baru

Lokasi perangkat vital seperti tabung radiator, tempat sekring, tutup tangki bahan bakar, minyak rem, dan oli persneling setidaknya dapat Anda ketahui sebelum mengendarai mobil baru. Dengan mengetahui lokasi-lokasi tersebut, kita dapat lebih tenang ketika terjadi gangguan atau hal-hal tidak diinginkan saat di perjalanan.

4. Hindari berakselerasi mendadak

tips mengendarai mobil baru

Meski mobil yang dikendarai merupakan mobil baru, sebisa mungkin hindari berakselerasi secara spontan atau mendadak. Bila ingin berkendara dengan kecepatan tinggi, biasakan menginjak pedal gas secara bertahap dan perlahan agar oli dapat melumasi komponen dengan lebih optimal. Rasakan secara lebih mendalam mengenai performa dan kenyamanan yang diberikan mobil baru Anda tersebut.

5. Cek kondisi cairan

tips mengendarai mobil baru
Foto-foto: Shutterstock.com

Sebelum berkendara, pastikan Anda telah memeriksa cairan yang terdapat pada mobil baru tersebut. Misalnya memeriksa air radiator dan volume pelumas. Bila volume cairan tersebut berada di bawah batas yang ditentukan, tambahkan hingga berada pada batas normal. Pastikan pula semua cairan yang ada di dalam mobil tersebut berkualitas dan sesuai dengan anjuran pabrikan.

Leave a Response