Pada masa pandemi, kebersihan menjadi salah satu syarat agar kita tidak mudah terpapar virus. Rumah atau tempat tinggal kita juga wajib dibersihkan secara teratur agar sehat dan nyaman.

Membersihkan rumah itu adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Kita selalu ingin kondisi dalam dan luar rumah tampak bersih, tetapi rasa malas sering menerjang tatkala menatap ada banyak perabot atau hiasan di rumah kita.

Kalau bersih-bersih rumah dilakukan secara serabutan dengan alasan untuk mengefisiensikan waktu, justru acap tak efektif dan membuat tangan terasa kaku-kaku. Ada tips yang bisa membantu kegiatan bersih-bersih rumah menjadi efektif dan efisien, apa saja?

Kumpulkan semua aksesoris

Sebelum operasi bersih-bersih dilancarkan, kumpulkan terlebih dulu semua aksesoris, baik yang menempel di dinding maupun di atas meja, dalam satu wadah. Kemudian, matikan penyejuk ruangan atau kipas angin agar debu tak beterbangan di dalam ruangan.

Dari atas lalu ke bawah

Lakukan pembersihan dari area atas lalu ke bawah. Dimulai dari langit-langit, dinding, jendela, pintu, dan terakhir lantai. Setelah disapu bersih, selanjutnya daun jendela dan pintu dilap dengan kain basah dan lantai dipel. Ketika membersihkan bagian yang tinggi, gunakan bangku atau tangga. Jangan jinjit karena bisa memperlambat pekerjaan dan akan terasa melelahkan.

Saat cuaca mendung

Kondisi cuaca ternyata dapat juga membantu kegiatan kita. Membersihkan kaca saat cuaca mendung akan lebih baik dibanding ketika cuaca panas terik. Cuaca panas akan membuat permukaan kaca lebih cepat kering saat dibersihkan sehingga dapat menyebabkan goresan pada kaca. Pada musim hujan, menyapu dan mengepel lantai akan lebih baik jika dilakukan saat hujan turun. Ini akan memperlambat debu dari luar masuk ke ruangan yang baru saja dibersihkan.

Sapu lidi atau vacuum cleaner

Bersihkan karpet pada lantai dengan sapu lidi atau vacuum cleaner. Setelah bersih, karpet dapat digulung terlebih dulu. Permukaan atas karpet harus berada di bagian dalam gulungan. Cara ini untuk mencegah debu menempel kembali di sisi atas karpet. Bila ukuran karpet tergolong luas, tak ada salahnya membawa karpet ke tempat pencucian yang memiliki peralatan pembersih lebih lengkap.

Jangan banyak sabun

Untuk mencuci aksesori, jangan terlalu banyak menggunakan sabun agar pembilasan tidak terlalu lama. Untuk mengeringkannya, aksesori cukup dilap dengan kain bersih dan kering.

Simpan alat di satu ruangan

Setelah semua bagian rumah dibersihkan, simpan peralatan pembersih dalam tempat atau satu ruang yang sama. Gunanya agar mudah ditemukan untuk kegiatan pembersihan selanjutnya.