Ramadhan tahun ini masih kita jalani dalam suasana pandemi. Meski demikian, kebutuhan untuk Lebaran tetap bisa kita siapkan mulai sekarang.

Kalaupun harus berbelanja di pasar tradisional, pusat grosir, maupun supermarket, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, kita mesti bijaksana dalam membelanjakan uang, setidaknya disiplin untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan bukan karena keinginan.

Berikut beberapa saran agar kita bisa berbelanja secara aman, nyaman, dan sehat untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

  1. Selalu kenakan masker. Meski kita atau para pedagang telah menerima vaksin korona, langkah pencegahan harus tetap diutamakan.
  2. Selalu bawa hand sanitizer. Setiap kali menyentuh benda saat memilih barang atau memegang uang, kita harus segera membersihkan tangan kita. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian wajah kita, utamanya mata, hidung, dan mulut.
  3. Hindari kerumunan dan selalu menjaga jarak. Biasanya kios atau toko yang menawarkan diskon cenderung diserbu pembeli. Oleh karena itu, tunggu sampai situasinya longgar atau tidak ada kerumunan.
  4. Jangan lengah dengan barang bawaan kita, khususnya dompet. Dalam keramaian biasanya terselip potensi kejahatan seperti pencopetan atau penjambretan. Untuk itu, kita wajib selalu waspada dengan sekeliling kita.
  5. Kalau bisa tak membawa banyak uang tunai. Cukup menyelipkan selembar kartu identitas dan ATM/kartu kredit di kantong celana atau saku baju. Sebagian besar pedagang di pusat perbelanjaan sudah menyediakan alat untuk bertransaksi secara nontunai.
  6. Telepon genggam kalau perlu tinggal sejenak di rumah. Daftar belanja, pesanan, atau titipan belanjaan dari anggota keluarga bisa dicatat pada selembar kertas.
  7. Bila kita pergi berbelanja naik angkutan kota, cukup menyediakan uang pas. Atau, gunakan taksi atau ojek daring.
  8. Berbelanjalah lebih pagi atau sesaat setelah pertokoan buka. Pedagang di pusat grosir biasanya memberikan harga lebih rendah sebagai “penglaris” di awal hari. Di samping itu, untuk menghindari keramaian.

Selamat berbelanja. Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa.