Di sisi lain, biasanya juga ada rasa gugup yang muncul karena khawatir tidak dapat memenuhi ekspektasi perusahaan atau takut melakukan kesalahan. Simak beberapa kiat sukses berikut ini untuk menjalani hari pertama kerja.
Mempersiapkan perlengkapan
Perasaan gugup memulai hari pertama bekerja di kantor sebagai karyawan baru biasanya sudah muncul sebelum hari-H. Anda bisa mencoba atasi hal tersebut dengan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa esok hari. Pakaian yang akan dikenakan keesokan harinya, laptop, buku catatan, alat tulis, charger, parfum, ponsel, dan perlengkapan pribadi lainnya sebaiknya sudah disiapkan sehari sebelumnya. Usahakan semua yang akan dibawa sudah berada di tas.
Datang tepat waktu
Usahakan tidak terlambat ketika hari pertama kerja. Ini penting untuk menunjukkan Anda sebagai orang yang bertanggung jawab, menghargai waktu, dan bersemangat. Mungkin Anda sudah pernah mengunjungi tempat kerja ketika melakukan proses rekrutmen, tetapi sebaiknya pelajari juga rute tercepat untuk menuju kantor baru. Hal ini untuk mengantisipasi Anda datang terlambat sampai di tempat kerja yang baru.
Kenakan pakaian yang sesuai
Meski tempat kerja yang baru memberikan kebebasan gaya berpakaian pada karyawannya, tak ada salahnya Anda tetap menggunakan pakaian yang formal dan rapi. Hal ini karena biasanya pada hari pertama, Anda akan menjalani proses onboarding untuk menemui rekan kerja dan pimpinan. Anda juga mencari tahu lewat media sosial tempat kerja Anda yang baru untuk mendapatkan inspirasi gaya berbusana yang sesuai.
Tunjukkan sikap positif
Tunjukkan kepada lingkungan kerja yang baru bahwa Anda bisa diterima dan bersemangat untuk mulai bekerja. Senyum, sapa, dan ramahlah kepada semua orang yang Anda temui. Sikap positif akan membuat Anda lebih mudah diterima dan membuat orang lain merasa nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan momen makan siang untuk mencoba berbaur. Hal ini karena di beberapa kantor, ada tradisi untuk makan siang bareng yang bisa Anda gunakan untuk mengakrabkan diri dengan lingkungan yang baru.
Inisiatif bertanya
Jangan ragu untuk bertanya jika Anda tidak mengerti sesuatu. Ini menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk belajar dan berkembang. Bersikap inisiatif dan bertanya mengenai tugas pada atasan atau rekan kerja adalah salah satu cara untuk membentuk impresi yang baik. Pastikan semua hal yang Anda butuhkan mengenai pekerjaan bisa diselesaikan pada hari pertama kerja. Hal ini akan membantu Anda mengatasi kegugupan atau kebingungan yang dialami pada awal bekerja.
Membuat laporan pekerjaan
Yang tidak kalah penting adalah melaporkan pekerjaan atau kegiatan pada hari pertama. Hal ini untuk memastikan apakah pekerjaan sudah terselesaikan dengan benar atau belum. Hindari memberikan laporan pekerjaan pada saat ditanya, pastikan Anda yang berinisiatif melaporkannya. Dengan demikian, Anda bisa dianggap sebagai karyawan yang bisa diandalkan.
Baca juga: