Berbicara mengenai Reli Dakar, tak lengkap tanpa kategori sepeda motor. Tak seriuh kategori mobil, kategori sepeda motor cenderung tidak beragam juaranya. Setelah Yamaha sempat bertahan dengan menjadi pemegang piala terbanyak, pada 1998, dominasi itu putus. Setelah BMW menjadi juara dua kali beruntun, KTM adalah penguasa Reli Dakar kategori sepeda motor.
Tanpa jeda, KTM konsisten menjadi juara sejak 2001 semasa dikendarai Fabrizio Meoni hingga tahun ini dengan pengendara Marc Coma. Kemenangan tanpa putus ini setidaknya membuat KTM berpikir hendak memproduksi massal tipe sepeda motor untuk Reli Dakar ini, yaitu KTM 450 Rally.
Awalnya, motor KTM 450 ini diragukan mampu menggantikan KTM 690 Rally yang merajai sejak 2001 hingga 2011. Pasalnya, mesin yang dimiliki oleh KTM 450 Rally berkapasitas lebih kecil dari pada KTM 690 Rally. Namun, ternyata, KTM 450 Rally ini tetap bisa mengantarkan KTM meraih tangga juara.
Pengembangan mesin 450 cc SOHC ini sendiri mengacu pada perubahan regulasi Reli Dakar yang dikeluarkan oleh Amaury Sport Organization (AOC), di 2012 semua motor yang mengikuti Reli Dakar harus berkubikasi tidak lebih dari 450 cc. Ini menjadi bagian dari perhatian AOC untuk mendukung gerakan penghematan bahan bakar di beberapa negara besar.
Kekuatan KTM lainnya adalah penggunaan mesin satu silinder. Dengan rangka yang masih sama seperti KTM 690 Rally, yaitu Chromium-Molybdenum trellis yang ringan, membuat motor menjadi tambah ringan. KTM 450 cc pun menjadi semakin kencang karena sudah ringan, 5 percepatan pun disematkan di gear box motor dan torsi pun dibuat merata di seluruh percepatan.
Kita tunggu saja bagaimana tahun depan persaingan di kategori sepeda motor ini. Apakah KTM masih bisa meneruskan kejayaannya atau Honda yang kembali hadir di tahun ini setelah 25 tahun absen akan menjadi jawara atau justru Yamaha yang terus menerus menjadi kuda hitam? [*/VTO]
foto: Shutterstock