Siapa bilang berbusana muslim tak bisa membuat pemakainya terlihat cantik dan menarik? Jika didesain dan dikemas menarik, berbusana muslim tetap dapat membuat Anda terlihat memikat. Kuncinya terletak pada material atau bahan busana berikut aksesori yang dikenakan.

Dalam berbusana muslim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain menutup aurat, ada baiknya pakaian yang dikenakan tidaklah menampakkan bentuk tubuh serta tembus pandang. Selain itu, tidak menyerupai pakaian lelaki.

Namun, tidak ada salahnya jika mengenakan pakaian yang menarik dengan potongan (cutting) yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Menggunakan batik sebagai ornamen dalam busana yang Anda kenakan juga sah-sah saja. Begitu pun dengan aksesori yang menyertainya.

Batik jawa

This slideshow requires JavaScript.

 

Zuikaffah, sebagai salah satu merek busana muslim lokal kembali meluncurkan koleksi terbarunya. Merek yang selalu mengusung kain-kain khas Nusantara tersebut untuk kali ini mengangkat batik jawa.

Koleksi Zuikaffah yang bertajuk Abyor dipamerkan dalam ajang Muslim Fashion Festival 2017 yang bertempat di Jakarta Convention Centre. Ada sekitar delapan koleksi baju yang mengusung tema “Abyor” yang dalam bahasa Jawa berarti cahaya. Unsur emas (gold) menjadi pilihan koleksi kali ini.

Mila Meiliasari sebagai Art Director sekaligus Fashion Designer Zuikaffah mengungkapkan, sesuai dengan tema yang diangkat kali ini, yaitu bercahaya, Zuikaffah menghadirkan koleksi dengan sentuhan diamond, permata dan swarovski. Tetap setia dengan sentuhan batik, koleksi Abyor menghidangkan ragam busana yang ringan untuk siang hari hingga baju pesta yang diberi aksen diamond untuk malam hari.

“Pada show kali ini kami juga mengangkat model boomber yang sedang happening dipadu dengan rok. Sementara itu, sentuhan batik menjadi bagian penting karena menjadi fokus dalam setiap desain yang kami tampilkan,”papar Mila—begitu ia biasa disapa.

Ciri khas Zuikaffah adalah berani memadukan pattern-pattern modern dengan batik. Dalam koleksi Abyor kali ini batik bercampur kulit dipadu dengan hiasan swarovski dan diamond. Koleksi Zuikaffah menampilkan cahaya yang dimiliki setiap perempuan yang memunculkan sisi keanggunan perempuan sekaligus kepercayaan diri pemakainya.

Tampilan koleksi Abyor yang lainnya mengangkat bahan bertekstur agak keras dengan batik berwarna salem dan gold yang berwarna dengan dua desain yang berbeda. Desain pertama muncul sangat feminin dengan bomber kulit diberi sentuhan batik prada. Potongan rok klok lebar dan penambahan bahan organdi menonjolkan sisi keanggunan perempuan.

Koleksi Abyor ini tetap akan diproduksi secara terbatas (limited) karena hampir seluruh koleksinya menggunakan batik yang sedikit langka karena pengerjaannya memakan waktu lama dan pewarnaan yang cukup rumit. Koleksi yang terbatas seperti ini pastinya akan membuat mereka yang mengenakan merasa istimewa. Ya, tampil dengan busana muslim tidak akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk tampil menarik. Semua tergantung dengan kepribadian dan aura yang dipancarkan. [AYA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 26 April 2017

Foto-foto: dok. Zuikaffah