Menghadirkan brand dalam wujud akun Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lainnya bukanlah tahap akhir dari upaya mengoptimalkan pemasaran daring (online). Masih ada dua hal yang perlu dipertimbangkan sebagai senjata pelengkap bagi para pemasar, yakni layanan pelanggan (customer service) dan alat (tool) yang berfungsi memonitor segala aktivitas di dunia maya.
Mengandalkan media sosial justru semakin menuntut pemilik merek untuk meningkatkan customer service. Janganlah ragu untuk merekrut tenaga profesional yang mumpuni untuk menduduki posisi sebagai social media specialist atau social media strategist. Ia akan bertugas menangani segala hal berkenaan kampanye merek di media sosial, memantau komentar, terlibat dalam percakapan, menjadwalkan konten, serta menanggapi keluhan ataupun pujian dari pelanggan secara bijak.
Selanjutnya, “senjata” populer yang mengikuti perkembangan jejaring sosial ialah pemantau aktivitas kampanye Anda. Salah satu tool yang lazim dipakai adalah Google Analytic. Para blogger sedunia kerap memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengunjung blog. Ada pula Klout, Kissmetrics, dan Tailwind dengan fungsi masing-masing. [GPW]
noted: senjata pelengkap untuk pemasaran daring
foto: shutterstock