Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan akan melebihi 18 miliar dollar AS pada akhir 2015. Ironisnya, hanya kurang dari 1 persen UKM lokal yang memanfaatkan e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka.
Melihat hal tersebut, salah satu pelaku utama dalam industri e-commerce di Indonesia, Rakuten Belanja Online, meluncurkan Rakuten University di Indonesia pada Rabu (25/2). Sebagai informasi, Rakuten University pertama kali diluncurkan di Jepang pada 2000. Tujuannya adalah memberikan kerangka bisnis kepada para penjual di Rakuten.
Program ini bermula dari ide CEO dan Chairman dari Rakuten, Inc Hiroshi Mikitani yang berniat mengembangkan orisinalitas dan performa penjual. Kemudian, dia menyalurkan sebagian ilmu yang didapatnya di Harvard Business School ke Rakuten University.
Rakuten University dibangun atas konsep kekeluargaan pelanggan. Group Manager International EC Department, Rakuten Ichiba Sachiko Saigo menjelaskan bahwa Rakuten fokus membangun hubungan kuat antara Rakuten, penjual, dan pelanggan. Melalui Rakuten University, para penjual akan diperkenalkan dengan konsep omotenashi. Ini adalah sebuah frasa terkenal dari Jepang yang memiliki arti “untuk menghibur tamu dengan tulusâ€.
“UKM menyumbang hampir sebesar 60 persen kepada PDB Indonesia dan lebih dari 97 persen kepada ketenagakerjaan. Kami percaya bahwa memberdayakan UKM merupakan kunci untuk mendukung komunitas lokal. Diluncurkannya Rakuten University di Indonesia akan memberikan kesempatan lebih kepada penjual untuk meraup keuntungan,†tambah Direktur PT Rakuten Belanja Online Yasunobu Hashimoto.
“Mata kuliah†yang ditawarkan Rakuten University Indonesia diharapkan bisa menolong penjual untuk mengembangkan bisnis mereka. Mata kuliahnya berkisar dari kursus tingkat dasar bagi para pemula yang baru saja memasang toko online hingga kursus tingkat menengah dan tingkat lanjut untuk para penjual yang lebih berpengalaman.
Sebagai tambahan, Rakuten University memiliki tiga program edukasi, yaitu Classroom, RUx, dan Meet-ups! Di Classroom, penjual akan diajari secara tatap muka dalam. Sementara itu, RUx merupakan sejenis “perpustakaanâ€Â online dan Meet-up! merupakan rangkaian seminar keliling yang diadakan di seluruh Indonesia. Rakuten University Indonesia akan memulai programnya, mulai Classroom untuk para penjual top, baru kemudian ke program lainnya. [*/INO]
noted: rakuten university hadir di indonesia