Dalam beberapa tahun terakhir, industri skincare terus berkembang dengan pesat, seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap pentingnya perawatan kulit dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Tahun 2025 diprediksi akan menghadirkan tren baru dalam dunia skincare, khususnya terkait bahan aktif dan kandungan produk yang semakin inovatif dan fungsional.

Masyarakat semakin sadar bahwa perawatan kulit untuk mendapatkan hasil yang sehat dan glowing, kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Masyarakat makin jeli untuk memilih produk yang digunakan, agar benar-benar cocok bagi kulitnya dan aman digunakan.

Bahkan fenomena ini membuat bermunculan produk lokal yang menawarkan pilihan yang beragam. Bahkan perusahaan kosmetika ternama juga memberikan wadah untuk membantu para beautypreneur membangun brand sendiri melalui one-stop-service di manufaktur maklonnya.

Kosmetika yang aman dan alami

Tim riset dan inovasi di manufaktur maklon skincare dan kosmetik secara intensif memformulasikan bahan aktif dan kandungan yang aman serta alami. Memadukan keahlian dalam memahami manfaat bahan serta pengamatan terhadap minat masyarakat; menunjukkan bahwa kandungan bahan alami diprediksi akan terus diminati untuk perawatan kulit.

Head of Research and Innovation pada sebuah perusahaan manufaktur maklon skincare dan kosmetik, Dwi Hastuti mengatakan,”Tren bahan-bahan perawatan kulit dan kosmetik yang diperkirakan akan banyak diminati di tahun 2025 adalah ingredients yang diperoleh dari bahan natural yang diolah melalui sistem biotechnology, seperti peptide, exosome, stemcell, dan sejenisnya.”

Bahan-bahan tersebut lebih aman untuk kulit dan mempunyai tingkat kemurnian yang lebih tinggi sehingga efektif untuk merawat kesehatan kulit dan memberikan hasil yang optimal.

Dalam memulai bisnis sendiri dan menentukan beauty product, jangan terburu-buru atau hanya ikut tren misalnya; beautypreneur harus memahami konsep dari produk itu sendiri sehingga produk yang akan dilabeli sebagai brand miliknya bisa dikembangkan dan diformulasi menggunakan bahan-bahan yang aman.

Tak hanya fokus pada tren semata, para tenaga ahli dibantu teknologi canggih, menghasilkan produk kecantikan lokal berkualitas internasional, yang membantu para beautypreneur membuat brand kecantikan sendiri dengan memberikan layanan one stop service mulai dari konsultasi hingga marketing.

“Dalam pengembangan produk kosmetik ataupun skincare, pastikan menggunakan bahan-bahan yang memang aman dan sesuai dengan batasan aturan dari BPOM sehingga aman dan efektif, dengan kandungan yang transparan sesuai dengan klaim. Dalam menjaga kualitas layanannya, Beberapa hal dipastikan dengan serius, mulai dari kandungannya yang aman, pengujian yang relevan untuk memastikan bahwa produk stabil, aman dan memberikan hasil yang sesuai dengan klaim produk,” tambah Dwi Hastuti.