Halo, ekstrover! Apa kabar selama hampir dua minggu di rumah aja? Tidak bepergian, kumpul-kumpul, nongkrong di kafe. Terasa berat? Sabar sedikit. Kita masih bisa seru-seruan di masa physical-distancing ini, kok.

Bertahan di rumah memang lebih menantang buat ekstrover yang membutuhkan stimulan dari luar untuk merasa bersemangat. Bertemu dengan kawan, rapat dengan orang baru, karaoke bareng, dan kegiatan kolektif lain bisa menjadi sumber energi untuk ekstrover.

Sayangnya, untuk sementara waktu, dorongan untuk sering bertemu orang lain harus ditahan karena kita sedang mengerem penyebaran virus Covid-19. Tapi, masih banyak cara lain untuk bersenang-senang tanpa meninggalkan rumah.

Kamu yang ekstrover bisa mencoba hal-hal ini, loh!

1. Berpesta lewat video call

ilustrasi video call (Foto : shutterstock.com)
Video call membuat kamu tetap bisa ngobrol asyik dengan teman

Berterimakasihlah pada teknologi komunikasi yang makin canggih. Generasi kita punya privelese untuk melakukan pesta virtual. Ketika sambungan telepon video saja terasa kurang seru, naikkan level interaksi dengan video call tematis.

Tentukan dress code. Pesta piyama, kostum vintage, riasan seram, atau apa pun yang membantu anggota geng merasa satu frekuensi dalam berpesta. Pesan makanan sejenis, entah itu fast food, kuliner Timur Tengah, masakan Meksiko, dan sebagainya yang bisa dinikmati selagi mengobrol lewat sambungan telepon video. Mau lebih seru? Beri hadiah untuk kostum terbaik.

2. Tantangan grup

ilustrasi berkomunikasi di grup pesan instan(Foto : Shutterstock.com)
Bermain di dalam grup pesan instan

Cara lain seru-seruan tanpa ketemuan? Banyak. Kalau punya grup WA yang isinya teman asyik-asyikkan, bisa bikin tantangan lucu untuk dilakukan tiap anggota grup. Misalnya, lama-lamaan nggak kedip, masak telur ceplok dengan kuning telur tetap utuh, atau sambil video call nyanyi lagu dengan huruf vokal yang diganti semua.

Bisa juga bikin tantangan yang membantu untuk lebih sehat atau produktif. Masak resep tertentu, olahraga 30 menit sehari, baca 1 buku 1 minggu, dan lain-lain. Kalau mau lebih asyik, ciptakan sistem skor. Yang skornya paling rendah boleh diberi “hukuman”. Traktir martabak pas kumpul-kumpul setelah masa social distancing berakhir? Hmmm…

3. Karaoke virtual

Ilustrasi pemutar musik dan headphone
Mendengarkan musik di rumah dengan headphone. (Iklan Kompas/Iwan Andryanto)

Kalian yang doyan karaoke masih bisa menyalurkan hobi di dunia tarik suara ini. Caranya, virtual dong. Ada banyak aplikasi karaoke, misalnya Smule, WeSing, atau StarMaker.

Di Smule, kita bisa karaoke bareng penyanyi favorit dengan rekaman video. Waktunya duet dengan Shawn Mendes, James Blunt, Camila Cabello, Dua Lipa, Afgan, Kunto Aji, atau Raisa.

Di WeSing, ada jutaan lagu yang bisa kita pilih. Merasa suara lagi kurang oke? Ada filter untuk rekaman suara. StarMaker memang agak lebih serius, tapi aplikasi ini juga lebih interaktif.

Ada fitur live streaming, karaoke dengan banyak orang, dan pesan instan untuk berkirim pesan antar-pengguna StarMaker. Cocok untuk ekstrover.

4. Gim atau film interaktif

ilustrasi bermain gim
Bermain gim di rumah. (Iklan Kompas/Iwan Andryanto)

Sebagai ekstrover, kita butuh stimulan atau sesuatu yang menyerupai interaksi. Mainkan gim petualangan (adventure) atau role playing game (RPG).

Ini memungkinkan kalian memainkan peran tertentu di latar fiksional, berinteraksi dengan tokoh lain di dalam gim, dan menentukan keputusan untuk jalannya gim.

Ada pula film interaktif yang memerlukan keterlibatan kita untuk menentukan alur cerita. Di Netflix, kita bisa menemukan beberapa judul, seperti Minecraft Story Mode, You vs Wild, Carmen Sandiego: To Steal or Not to Steal, Captain Underpants, atau episode Bandersnatch dalam seri Black Mirror.

5. Sering-sering lakukan hobi

ilustrasi fotografi makanan di rumah.
hobi fotografi di rumah. (Iklan Kompas/Iwan Andryanto)

Mungkin pertama-tama kita mesti menyortir dulu hobi mana yang membutuhkan kehadiran orang lain dan yang bisa dilakukan sendiri.

Bahkan, meski ekstrover, ada sisi-sisi di mana kita bisa menikmati me time. Siapa tahu kalian suka berkebun, memasak, membuat kerajinan tangan, membuat sketsa, menulis, atau bermain musik. Saatnya lebih sering lakukan hobi.

6. Bikin vlog atau konten IG TV

Ilustrasi mengambil gambar makanan dengan kamera seluler
Fotografi kuliner di rumah. (Iklan Kompas/Iwan Andryanto)

Ekstrover, saatnya manfaatkan skill ngomong kalian. Pilih topik yang seru, lucu, menarik, atau berguna untuk diobrolkan; rekam di video; dan unggah. Kalau mau bikin tantangan untuk diri sendiri, bisa buat agenda dan tentukan target.

Misalnya, 3 video per minggu. Mungkin video yang diunggah di IG atau Youtube ini bisa memancing interaksi yang kalian rindukan atau bahkan menambah teman-teman baru.

1 Comment

Leave a Response