Tempat penitipan anak atau istilah kerennya daycare semakin hari kian mendapat tempat tersendiri di hati para orangtua. Maklum saja, lembaga penitipan anak ini sangat membantu peran orangtua dalam merawat dan mengasuh anak saat mereka sedang bekerja atau tidak berada di rumah.

Terlebih lagi, ada banyak hal yang bisa dipelajari anak semasa mereka berada di daycare, dari urusan kemandirian hingga kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Lazimnya, daycare juga dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang bagi anak, mulai dari ruang tidur, ruang makan, area bermain, hingga toilet. Namun, ada beberapa perlengkapan yang perlu dibekali orangtua ketika mengantarkan anak ke daycare. Berikut ini, 5 perlengkapan yang harus dibawa orangtua ke daycare.

Susu

Susu dan perlengkapannya adalah benda yang wajib dibawa. Lazimnya anak memiliki jenis dan merek susu tertentu yang biasa diminum setiap harinya. Bawa minimal 2 botol susu sebagai cadangan untuk memudahkan pengasuh ketika memberikan susu. Jika buah hati Anda masih menyusui, bekali ia dengan air susu ibu perah (ASIP) yang dibawa dengan cooler bag. Pastikan pula tempat penitipan anak pilihan Anda menyediakan lemari pendingin untuk menyimpan ASIP.

Makanan kesukaan

ke daycare
Foto-foto : Shutterstock.com

Walaupun banyak tempat penitipan anak menyediakan katering atau makanan dan camilan sebagai bagian dari layanan, ada baiknya Anda juga membawakan makanan kesukaan si kecil untuk berjaga-jaga jika ia kurang cocok dengan jenis makanan yang dihidangkan di daycare. Bila perlu, bekali juga dengan perlengkapan makan pribadi agar tidak tertukar dengan yang lain.

Baju ganti dan popok sekali pakai

Seharian berada di tempat penitipan anak tentu saja buah hati Anda memerlukan setidaknya 2 setel pakaian dan 3 popok sekali pakai. Baju ganti diperlukan ketika baju kotor lantaran bermain atau digunakan untuk sehabis mandi dan bersiap pulang. Jika sering menitipkan anak di daycare untuk waktu yang lama, tidak ada salahnya Anda menyiapkan stok baju dan popok sekali pakai dalam jumlah tertentu untuk memudahkan pengasuhan anak.

Bantal dan mainan kesayangan

Salah satu hal yang wajib dilakukan anak ketika berada di daycare adalah tidur siang. Agar si kecil merasa nyaman dalam tidurnya, tidak ada salahnya jika Anda membawakan bantal, selimut, ataupun boneka dan mainan kesayangan yang biasanya selama ini menemaninya tidur.

Perlengkapan mandi pribadi

Sebelum dijemput orangtua, biasanya anak akan dimandikan terlebih dahulu. Beberapa daycare memang menyediakan perlengkapan mandi bagi anak, termasuk handuk. Namun, jika buah hati Anda terbiasa menggunakan produk tertentu—terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif—tidak ada salahnya Anda membawakan perlengkapan mandi pribadi berikut handuk agar tidak tercampur dengan anak lainnya.

Leave a Response