Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang menjadi salah satu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Utamanya pada masa wabah virus saat ini, makanan sehat dipercaya mampu mencegah munculnya gejala sakit yang lebih parah atau membantu mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

Untuk itu, menjaga nutrisi atau gizi pada makanan adalah keharusan. Jika nutrisi atau gizi makanan rusak, hanya akan menjadi “sampah” dalam tubuh yang sama sekali tidak bermanfaat. Cara kita memasak atau mengolah makanan ternyata bisa memengaruhi kandungan gizi di dalamnya.

Ada banyak teknik memasak untuk menghasilkan makanan lezat. Namun, perhatikan, berikut ini, beberapa cara memasak yang sebaiknya kita hindari.

Menggunakan wajan antilengket

Sebaiknya tidak menggunakan wajan antilengket (non-stick pans) untuk memasak pada temperatur tinggi. Alasannya, temperatur terlalu tinggi dapat menyebabkan wajan antilengket mengeluarkan perfluorocarbon (PFC) yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, bila ingin menggunakan wajan antilengket, sebaiknya mengecek terlebih dulu keterangan tingkat panas yang dianjurkan pada kemasannya.

Sering mengaduk masakan

Kalau sedang memasak, apakah kita senang mengaduk-aduk masakan di panci atau wajan? Mengaduk masakan dilakukan agar makanan matang secara merata atau tidak gosong. Namun, jika terlalu sering mengaduk makanan saat memasak, hal tersebut malah bisa menghambat proses pematangan yang akan menurunkan aroma masakan.

Oleh sebab itu, dianjurkan saat memasak jangan terlalu sering mengaduknya. Kecuali jika kita sedang mengikuti suatu resep masakan dan diharuskan untuk terus mengaduk dalam proses memasaknya.

Memanaskan minyak

Biasanya saat mulai memasak, langkah pertama yang dilakukan adalah memanaskan minyak di wajan. Memanaskan minyak ini memerlukan waktu sehingga biasanya kita akan mengerjakan hal lain terlebih dulu. Jika minyak sudah panas, asap akan mengepul dari wajan.

Namun, minyak yang panas ini ternyata tidak sehat. Sebab, suhu yang terlalu panas bisa membuat kandungan antioksidan pada minyak rusak dan menghasilkan senyawa berbahaya. Oleh sebab itu, segera gunakan minyak tanpa menunggu hingga berasap. Di samping itu, sangat tidak disarankan memasak menggunakan minyak goreng bekas.

Mulai sekarang, cobalah untuk memasak secara sehat dan aman. Gunakan minyak goreng sedikit saja dan masaklah sesuai kebutuhan per hari. Jangan lupa untuk selalu memilih bahan makanan yang masih segar. [*]