Pengendalian yang baik bakal lebih menjamin kenyamanan dan keamanan berkendara. Kalau kondisi bawaan pabrik dirasakan belum mencukupi, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan supaya kendali jadi lebih prima.
Pertama, mengganti ukuran ban. Ban dengan diameter lebih besar dan tapak yang lebih lebar tentu akan mampu meningkatkan pengendalian. Namun, jangan sembarang ganti ukuran karena sebaiknya penambahan diameter tidak lebih dari dua angka dari kukuran standar. Perlu juga dicermati dan dipertimbangkan kompensasi ukuran dinding ban dengan velg.
Kedua, ceper. Ground clearance (jarak bodi mobil dengan tanah) yang lebih rendah juga bakal lebih menjamin kestabilan dalam pengendalian. Untuk itu, mengganti peredam kejut (shock absorber) yang lebih pendek bisa dilakukan. Agar lebih maksimal pilihlah peredam kejut dengan kualitas yang baik atau Anda bisa memilih yang bisa diatur tinggi rendahnya supaya lebih fleksibel.
Ketiga, anti-roll bars. Memasang perangkat anti-roll bars (atau yang biasa disebut sway-bars) pada sistem suspensi mobil menjadi hal berikut yang dapat dilakukan. Langkah ini ditujukan agar saat berbelok mobil tidak terguling saat menikung dalam kecepatan tinggi. Hal ini dimungkinkan karena perangkat ini mampu menyeimbangkan perbedaan beban antarban saat mobil menikung.
Keempat, bushing. Mengganti bushing pada sistem suspensi adalah langkah “murah meriah” untuk memperbaiki pengendalian pada mobil. Pilihlah bushing yang secara signifikan mampu mendistribusikan beban mobil dengan baik, terutama saat mobil tengah melaju.
Setelah benar-benar yakin dengan bushing yang telah dipilih, pastikan bahwa perangkat tersebut terpasang dengan baik. Perhatikan pula kelayakan komponen lain seperti bushing arm karena penggantian bushing akan percuma tanpa dukungan komponen yang memadai. [ASP]
Foto iklan Kompas/Tommy B. Utomo
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Maret 2017