Berbicara tentang China tak bisa dilepaskan dari cerita Sungai Yangtze. Sungai terpanjang di China ini telah menjadi salah satu rute transportasi air utama. Ternyata, kita bisa menikmati China dari atas kapal pesiar yang menyusuri Sungai Yangtze.

Sungai Yangtze memiliki panjang 6.943 kilometer, menjadikannya terpanjang di Asia dan ketiga di dunia. Sungai ini memiliki lebar antara 300 meter sampai 500 meter. Kedalamannya bisa mencapai lebih dari 9 meter. Tentu menjadi pengalaman berbeda kala berwisata di China dengan menggunakan jalur sungai.

Fengdu Ghost City

menyusuri sungai yangtze
FOTO-FOTO: SHUTTERSTOCK

Melalui kapal pesiar, kita bisa singgah di Fengdu Ghost City. Terletak di utara Provinsi Chongqing, China, Fengdu disebut sebagai “kotanya para hantu”. Di sini, kita bisa mengetahui tentang hantu, setan, dan kehidupan setelah meninggal sesuai dengan kepercayaan rakyat China.

Menariknya, kita tidak hanya mendengar cerita legenda, tetapi juga bisa melihat banyak bangunan dan patung menyeramkan yang disebut merepresentasikan kehidupan setelah meninggal.

Dari sekian banyak patung seram, patung The Ghost King adalah yang mencolok. Patung ini berukuran raksasa, menjulang setinggi 138 meter dan lebar 217 meter. Patung ini terbenam di sebuah bukit. Patung ini mendapatkan rekor dunia dari Guiness World Record sebagai patung terbesar yang diukir di batu. Patung ini terlihat dari sudut mana pun di Fengdu.

White Emperor City

Melalui rute sungai ini, kita bisa juga mengambil tur opsional yaitu mengunjungi White Emperor City, jika kondisi sungai memungkinkan. Di sini, ada banyak titik wisata yang bisa diabadikan dan dinikmati. Kita bisa melihat Tuogu Hall, tempat paling menarik di White Emperor City. Kita bisa melihat diorama Liu Bei mempercayakan seluruh negeri kepada anak dan menterinya, Zhuge Liang.

Di White Emperor City, kita juga bisa berfoto di depan patung besar Zhuge Liang. Pria ini dikenal sebagai orang yang setia dan loyal terhadap Liu Bei. Dia juga yang dipercaya oleh Liu Bei untuk mengajarkan tentang pemerintahan dan mendukung anak dari Liu Bei, Liu Chan untuk memerintah.

Zhangjiajie

menyusuri sungai yangtze

Setelah berpesiar, mungkin kita bisa menyempatkan diri untuk melipir sejenak ke Zhangjiajie yang disebut sebagai pegunungan ala film Hollywood Avatar. Sutradara film itu sendiri, James Cameron, memang mengatakan bahwa ide gunung melayang di filmnya terinspirasi dari pemandangan Zhangjiajie.

Zhangjiajie sendiri adalah taman nasional yang memiliki lebih dari 3.000 pilar batu yang menjulang tinggi di atas tanah. Tempat ini juga sudah masuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. Tempat ini punya daya pikat yang magis, mulai dari pegunungannya hingga gua bawah tanahnya yaitu Huanglong Cave.

Di sini, kita juga bisa menantang adrenalin dengan berjalan di Tianmen Mountain Glass Skyway. Kita bisa merasakan berjalan kaki di atas ketinggian 1.400 kaki dengan jalur kaca yang menggantung di dinding pada bagian akhir jalan setapaknya. Pengalaman seru dan berbeda ini bisa dinikmati bersama Avia Tour. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Agustus 2019.

Leave a Response